BRIGADE ALSINTAN SIAP BANTU PETANI

aswari mencoba bantuan alat alsintan bagi Kodim 0405 Lahat

LAHAT – Untuk tujuan percepatan swasembada pangan yang ditargetkan 3 tahun kedepan, Kodim 0405 Lahat menurut Dandimnya Letkol CZI Srihartono, mendapatkan bantuan beberapa alat-alat dan mesin pertanian (Alsintan).

“Melalui Brigade Alsintan Kodim 0405, yang membawahi 3 wilayah yakni Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang dalam  operasi khusus (Opsus) swasembada pangan,” jelasnya.

Lebih lanjut melalui Pasiter Kapten Subianto, bahwa bantuan yang  didapat Alsintan berupa satu buah  hexca mini, satu unit traktor roda 4, lima unit handtractor, lima unit traktor roda 2, lima unit mesin tanam padi (Rice Transplanter Machine), sepuluh mesin pompa. “Bantuan ini berasal dari Dirjen (prasarana dan sarana pertanian) PSP Kementrian Pertanian sebagai upaya swasembada pangan yang dikehendaki berhasil dalam 3 tahun kedepan,” jelasnya..

Tujuannya untuk dlm  membantu operasional gapoktan dalam wilayah binaan kodim dalam pembinaan swasembada pangan, mendampingi dan membantu masyarakat yang sebagian di wilayah  sentra pertanian padi jagung dan kedelai  (Pajale). “Bersinergi dengaan Dinas tanaman pangan dan hortikultura dan penyuluh pertanian supaya pencapaian petani menjadi maksimal,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE mengecek alat-alat tersebut dan mencobanya. “Kita kabupaten Lahat dikenal sebagai sentra Pajale, dengan adanya bantuan alat-alat ini diharapkan masyarakat bisa terbantu dalam masa tanam, dan hasilnya juga menjadi maksimal harapannya. (ufi)