Home / SUMSEL RAYA / Lahat / ASWARI RIVAI KENALKAN MEGALITH DENGAN MASYARAKAT SUMSEL

ASWARI RIVAI KENALKAN MEGALITH DENGAN MASYARAKAT SUMSEL

PAMERAN-MEGALITH-3-300x168-300

LAHAT, Amperasumsel- Banyaknya batu Megalith yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Lahat harus dapat menjadi aset wisata alam bagi masyarakat. Apalagi batu yang merupakan peninggalan pra sejarah itu, sudah dikenal hingga ke luar negeri. Untuk lebih mengenalkan batu megalith kepada anak muda sejak dini, Pemkab Lahat bekerjasama dengan Balai Arkeologi Sumatera Selatan menggelar pameran batu megalith di GOR Bukit Tunjuk Lahat. Pameran dengan tema “Tradisi Selaras Alam” itu berlangsung dari  tanggal 13 – 19 Juni 2016.

Bupati Lahat, Saifudin Aswari Riva’i saat membuka pameran Megalith Pasemah Tradisi Selaras Alam itu mengemukakan, begitu banyak dan berharganya potensi – potensi megalith yang dimiliki Lahat, dan bahkan sebelumnya juga sudah pernah meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Keberadaan megalith itu haruslah terus digali dan dipromosikan sehingga dapat  menjadi salah satu faktor pendukung supaya masyarakat dari luar daerah tertarik untuk berwisata ke Kabupaten Lahat.

Aswari mengemukakan, Dinas Pendidikan harus berperan penting mengenalkan megalith kepada pelajar dan bila perlu diagendakan seminggu atau sebulan sekali untuk datang mengunjungi megalith tersebut.

Disamping itu, kata Aswari, masyarakat khususnya yang berada di sekitar megalith harus juga berperan untuk menjaga dan merawatnya, karena pemerintah tidak mungkin dapat mengawasi satu persatu dan setiap saat tanpa adanya dukungan dari masyarakat.

Aswari mengemukakan, pameran seperti ini sangat penting dilakukan supaya masyarakat tidak melupakan megalith di tengah kemajuan zaman. Apalagi jumlah megalith mencapai 1001 buah yang berada di tempat  terpisah menyebar di Lahat, tentu   merupakan suatu  anugerah yang besar bagi Kabupaten Lahat.

Sementara itu,  Kepala Arkeologi Provinsi Sumsel, Budi Wiyana menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi Pemkab Lahat dalam menjaga dan melestarikan batu megalith, dan saat ini benda peninggalan pra sejarah yang ada di Kabupaten Lahat sudah terkenal hingga luar negeri. Dan, pameran ini dilakukan dengan harapan supaya cita – cita menjadikan megalith sebagai salah satu aset wisata bisa terwujud (DICKA)

Check Also

PENANGKAPAN PENIMBUN GAS MELON OLEH POLRES LAHAT DIAPRESIASI YLKI

Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, Sanderson …

DPD II PARTAI GOLKAR LAHAT SEMARAKKAN HUT GOLKAR KE-56 SECARA VIRTUAL

  Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Setelah melakukan serangkaian kegiatan Perayaan HUT ke-56 Partai Golkar tahun …

POLRES LAHAT KEMBALI AMANKAN PELAKU PENIMBUN GAS MELON

Laporan : Dafri   GEMAS – LAHAT Jajaran Polres Lahat, dalam hal ini Polsekta Lahat …

YA DIDUGA PENIMBUN GAS MELON DIAMANKAN POLRES LAHAT

Laporan : Ujang GEMAS – LAHAT Penegakan peraturan tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Gas Melon …

POLRES LAHAT AMANKAN TERDUGA PENIMBUN GAS MELON

Laporan : Dafri   GEMAS – LAHAT Disaat masyarakat Kabupaten Lahat sibuk mencari isi ulang …