DIDUGA KONSLETING KABEL MOBIL PICK UP TERBAKAR

 

PALEMBANG – Warga dan pengendara sempat dibuat panik. Kepanikan pengendara tersebut terjadi di SPBU Romi Herton simpang Pakjo Palembang yang sedang mengisi BBM, ketika melihat mobil pick up warna hitam nopol BG 9560 LU tiba-tiba mengeluarkan asap lalu terbakar, Senin (11/7) sore.

Lebih kurang setengah jam lamanya pengendara yang sedang mengisi BBM panik, ketika melihat api mulai membakar bagian depan mobil pick up tersebut. Sang sopir Panghiut Siregar melihat mobil yang dikendarainya mengeluarkan asap langsung meminggirkan mobilnya. Dan Ia berupaya untuk meminjam alat pemadam api ringan ke petugas SPBU untuk memadamkan api yang mulai membakar bagian depan mobilnya. “Saya sudah meminjam ke petugas SPBU, tetapi tidak dipinjamkan. Setelah melihat api mulai membesar, baru petugas SPBU memberikan alat pemadam api. Saya takut mobil meledak dan menyambar SPBU, karena jarak mobil dengan SPBU sangat dekat,” ujarnya ketika ditemui di lokasi. 

Alat pemadam api ringan langsung disemprotkan ke bagian depan mobil yang mulai terbakar. Tak hanya itu, karyawan hotel Amaris yang melihat kejadian tersebut juga ikut membantu memadamkan menggunakan air yang disambungan dari pompa hydrant ke selang. Hal ini, dilakukan agar api cepat padam sebelum mobil Dinas Pemadam Kebakaran Palembang tiba di lokasi. Disisi lain, pengendara yang sedang mengisi BBM di SPBU Romi Herton sempat panik karena melihat mobil terus terbakar dibagian depannya. Terlebih, SPBU yang saat itu sedang ramai ditakutkan mobil meledak dan menjalar ke SPBU. “Mau keluar dari SPBU tidak bisa, karena warga sudah ramai untuk memadamkan api. Jadi panik, takutnya SPBU juga kena,” ujar Joni pengendara mobil yang berada di lokasi. 

Ternyata, mobil yang dikendarai Panghiut merupakan mobil bengkel las tempatnya bekerja. Ia juga sempat ingin mengisi BBM di SPBU Romi Herton, akan tetapi karena dalam kondisi ramai ia mengurungkan niatnya untuk mengisi BBM. “Tadi dari Gandus, mau mampir ke SPBU tetapi tidak jadi. Makanya saya putuskan untuk pulang saja ke Sako, tetapi saat sedikit lewat di SBPU keluar asap di dasboard. Saya juga panik saat itu,” pungkasnya. 

Akibat kejadian ini, Jalan Demang Lebar Daun Palembang mengalami kemacetan panjang. Kemacetan baru dapat ditanggulangi ketika mobil yang terbakar telah dipinggirkan dan petugas dari Polsek IT I melakukan pengaturan. Kapolsek IT I AKP Rivanda didampingi Kanit Reskrim Ipda Alkap yang ditemui di lokasi menuturkan, mendapat informasi warga pihaknya langsung menuju ke lokasi. Selain ada anggota yang ikut memadamkan api, ada juga anggota yang menutup sementara jalan agar proses pemadaman cepat dilakukan. “Langkah pencegahan langsung dilakukan, sehingga SPBU yang ada didekatnya tidak terkena dampak kebakaran mobil ini. Untuk mobil yang terbakar, dugaan awal karena konsleting kabel yang terjadi di dasboard,” ujarnya. Selain itu, setelah mobil disingkirkan dari pinggir jalan pihaknya langsung melakukan pengaturan lalu lintas yang mengalami kemacetan. Dan selanjutnya mobil akan dibawa ke Polsek,”tutupnya.  (Jonheri)