65 CALON JAMAAH HAJI DIBEKALI MANASIK HAJI

 

MUARA ENIM-Sebanyak 65 calon jemaah haji kecamatan Muaraenim dan Ujan Mas, Selasa (12/07/2016) mengikuti pembukaan dan pembekalan manasik haji yang digelar selama 8 hari di Mesjid Al Ittihadiah jalan Insppektur Slamet Pasar Lama kelurahan Pasar II Kecamatan Muaraenim. Dalam laporan Ketua pelaksana H Ma’mur, S.PdI dari KUA Kecamatan Muaraenim, mengatakan tujuan diadakan bimbingan Manasik Haji kecamatan Muaraenim dan Ujan Mas tahun 1437 H/2016 M adalah Calon Jemaah Haji memahami secara jelas proses perjalanan ibadah Haji di mulai dari Embarkasi sampai kembali dari tanah suci dan jamaah haji dapat memahami dan menghayati tata cara elaksanaan dan urutan dalam pelaksanaan Ibadah Haji, Hadir pada kesempatan tersebut Camat Muaraenim Drs Asarli Manudin, Lurah Pasar II Muaraenim dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Muaraenim Khairul Fahmi, S.Ag, serta sejumlah pembimbing dan calon jemaah haji, kecamatan Muaraenim dan Ujan Mas.

Peserta keseluruhan berjumlah 65 orang terdiri dari masing-masing Kecamatan Muaraenim sebanyak 56 orang, kecamatan Ujan Mas sebanyak 9 orang. Acara diawali dengan pembukaan yang di buka langsung oleh camat Muaraenim yang diikuti oleh seluruh jamaah calon haji, setelah pembukaan dilanjutkan dengan Materi Bimbingan Manasik Kesehatan dan Pola perlindungan dan di lanjutkan dari dinas kesehatanKabuppaten Muaraenim, pada siangnya dilanjutkan Bimbingan Manasik Ibadah / manasik haji oleh Kepala kemenag Kabupaten Muaraenim H Muhammad Abdu, S.PdI. Urainya. Sementara

Camat Muaraenim Drs Asarli Manudin, MSi. Mengatakan bahwa cuaca di Saudi Arabiyah dan sekitarnya saat ini dalam keadan cuaca panas untuk itu saya sarankan kepada para jamaah sekalian untuk menjaga kesehatan, kalau perlu bawa obat obatan dari indonesia sesuai kebiasan para jamaah sekalian.

pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan ini Maksud dan tujuan ibadah haji merupakan ibadah yang mempunyai karakteristik khusus dalam hal kemampuan pelaksanaannya sehingga perlu persiapan fisik dan mental dengan disertai niat yang tulus disamping itu jamaah calon haji perlu memperhatikan :syarat,rukun,wajib serta yang disunnatkan sehingga dalam pelaksanaannya ibadah haji mendapatkan predikat haji mabrur dan Mabrurah, pelaksanaan kegiatan yang bersifat umum, memahami pentingnya menjaga kesehatan, serta dapat menjaga akhlaqul karimah selama berhaji sampai pulang ke Muaraenim kembali. Ungkapnya. (Zul)