TIM TPH AJAK WARGA BASMI HAMA BERSAMA

LAHAT, Amperasumsel — Diawali dari adanya laporan dan keluhan dari kalangan petani, sedikitnya di 3 desa, Keban Agung, Danau Belidang dan Lubuk Dendan, dikawasan Kecamatan Mulak Ulu, bahwa persawahan yang ada terserang hama batang pohon, membuat jajaran pemkab dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) bergerak cepat.

Dengan dipimpin langsung Kadisnya, Ir Hapit Padli MM, didampingi Kabid Sarana dan Prasarana, Megawati tim dari Dinas TPH secara langsung kemarin (26/7) menyambangi masing-masing lokasi.Selain memberikan penyuluhan dan pengarahan tentang tata cara pencegahan penyebaran hama, tim kemarin juga secara langsung juga mengajak warga petani untuk bersama-sama melakukan upaya pemberantasan hama yang ada. “Benar. Hari ini kita menindaklanjuti laporan yang masuk, tentang adanya serangan hama di sawah petani. Kita lakukan sosialisasi cara pencegahan, pengendalian hama penyakit, seperti tikus, kepik, kepinding tanah, hingga penyakit batang. Bahkan sampai upaya pemberantasan langsungnya,” beber Hapit Padli kepada wartawan, kemarin.

Dilanjutkannya, dirinya sangat berterima kasih dengan sikap warga dan juga pihak pemerintah setempat, yang dinilai tanggap dan cepat melaporkan kejadian seperti dilapangannya. Karena dengan demikian, pihaknya bisa secepatnya pula mengecek kondisi lapangan, berikut melakukan upaya pemberantasan, agar tak makin banyak kerugian yang akan timbul. “Laporan yang cepat, lugas dan lengkap memang sangat kami butuhkan. Jadi, pihak pemkab bisa sesegera mungkin melakukan respon ke lapangannya, seperti yang dilakukan hari ini,” tukas Hapit lagi.

Senada, Megawati mengatakan, tim selain memberikan sosialisasi dan pembelajaran bagi masing-masing petani yang ada, pihaknya juga kemarin menyempatkan menyerahkan bantuan ke petani, berupa obat-obatan atau racun hama, peralatan pertanian, sampai pada bibit baru.“Kita tadi bersama-sama dengan segenap warga desa melaksanakan gotong royong, melaksanakan kegiatan penyemprotasn ke tanaman padi petani. Diharapkan, dengan sudah diberikan vaksin khususnya, agar kualitas tanaman bisa meningkat lagi kedepannya.(Benz)