22 Kecamatan Tampilkan Cipta Menu B2SA

LAHAT, Amperasumsel  РSebanyak 22 kecamatan se Kabupaten Lahat mengikuti lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal untuk alternatif non beras.

Demikian, disampaikan, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Hery Alkafi AP MM, menurutnya, perlombaan ini tentunya memberikan pengetahuan dan membuka wawasan akan pentingnya konsumsi pangan berkualitas.“Agar masyarakat tidak sepenuhnya tergantung dengan beras, dengan adanya pangan alternatif ini mampu menciptakan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman,” katanya, Selasa (2/8).

Ia menyebutkan, dengan begitu, bagi ibu-ibu atau anggota keluarga yang paling berperan sebagai penentu dalam mengatur konsumsi pangan keluarga. Dimana, pemenang dari lomba tingkat kabupaten akan diikutsertakan ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).“Selain itu, memotivasi dan mendorong berkembangnya pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, yang berbasis sumber daya lokal sehingga dapat memenuhi pangan cukup baik dalam jumlah maupun mutunya,” ulas Hery.

Hery menuturkan, meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, disamping itu, mendorong sekaligus menonjolkan kreatifitas warga dalam mengembangkan menu makanan.“Oleh sebab itu, memasyarakatan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi beraneka ragam menu makanan sehari-hari sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap pangan pokok (beras) dan terigu,” tukasnya. (32)