SEKOLAH RUJUKAN, SMA NEGERI I PAGARALAM PERKETAT SELEKSI PDB

PAGARALAM, AmperaSumsel – Menyandang predikat sebagai sekolah rujukan bersama dengan 19 SMA Negeri sederajat yang ada di Sumatera Selatan, tentunya merupakan kebanggaan tersendiri. Hal ini mengingat sekolah tersebut untuk menjadi sekolah rujukan, tentu berdasarkan kriteria dan penilaian tertentu. Dengan artian, tidak sembarang sekolahan berhak atas predikat dimaksud.

Kepala SMA Negeri 1 Pagaralam,Soniar M.Pd, melalui Waka Humas, Drs.Imron dan Waka Kurikulum, Ibnu Fajar M.Pd kepada wartawan, di ruang kerjanya,Senin (22/08) menjelaskan. SMA rujukan merupakan sekolah rintisan bersama antara Dinas Pendidikan Kab/Kota, Dinas Pendidikan Propinsi dan Kemendikbud, guna percepatan dan perluasan peningkatan  mutu pendidikan SMA melalui pemenuhan SNP dan pengembangan program keunggulan, sesuai dengan potensi sekolah dan kebutuhan masyarakat.

Dilanjutkan Imron, Adapun kriteria SMA Unggulan  adalah sebagai berikut, SMA pelaksana Kurikulum 2013, diutamakan SMA induk klaster Kurikulum 2013, SMA Negeri atau Swasta dengan akreditasi A atau tertinggi di Kabupaten /Kota setempat. Kemudian memiliki praktik praktik baik dan inovasi pendidikan yang layak dijadikan sebagai rujukan bagi SMA lain, punya prestasi akademik / non akademi. Lalu mempertimbangkan nilai Ujian Nasional (UN) dan indeks integritas Ujian Nasional (IIUN) tahun 2015 sekolah yang bersangkutan, dan bersedia memberikan pengimbasan praktik praktik baik dan inovasi pendidikan yang dimiliki ke SMA lain.

Informasi dari data terhimpun, baru baru ini. Sebagai SMA rujukan kita telah memberikan semacam bimbingan serta motivasi kepada 60 orang guru, 30 dari dalam dan 30 dari luar SMA Negeri 1 Pagaralam. Yang tujuannya tidak lain, sebagai akselerasi pendidikan.

Dengan telah ditunjuk dan ditetapkan sebagai sekolah SMAN 1 Kota Pagaralam ini sebagai sekolah rujukan, ujar dia. Maka secara otomatis, bagi lulusan SMP sederajat yang ingin melanjutkan ke sekolah disini dengan seleksi. ”Mau tidak mau seleksinya ketat, mengingat berhubungan dengan mutu pendidikan”, pungkas Imron.

Photo    : (Net)

Naskah : (Repi Black)

Editor   : (UJANG, SP)