EDUAR : TERMINAL TYPE “A” DIAMBIL PUSAT, HARUS CARI POTENSI LAIN UNTUK PAD

LAHAT, Amperasumsel – Dengan diambil alihnya tujuh terminal tipe A yang ada baik di Kota Palembang maupun kabupaten/kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) oleh Pemerintah Pusat (PP), otomatis penerimaan atau pendapatan berkurang, dengan demikian, harus mengali potensi dalam memenuhi pendapatan asli daerah (PAD).
Dengan demikian, secara otomatis penerimaan daerah menjadi berkurang, akan tetapi, untuk perawatan maupun operasionalnya menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat.
“Ini suatu penjabaran dari Undang-undang (UU) otonomi daerah (Otoda) No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda), bahwa sebagai kewenangan yang diserahkan oleh pemda diambil alih pemerintah pusat,” kata, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE yang diwakilkan melalui Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo), HM Eduar Kohar SE MM, ditemui, di ruang kerjanya, Selasa (30/8).
HM Eduar Kohar mengungkapkan, otomatis penerimaan Dishub berkurang dari sektor retribusi terminal khusus tipe A. “Hal lebih penting akan tetapi untuk pemeliharaan dan operasionalnya, kemudian bahwa pegawai Dishub yang berkerja di terminal tipe A diberi kesempatan untuk mengubah pegawai pemerintah pusat untuk berkarier,” urainya kepada media.
Otomatis, sambung dia, belanja kurang, dengan adanya pengambilan alih terminal tersebut. Guna mengantisipasinya, maka, banyak hal harus dijalankan lalu digali potensi lainnya, sehingga pendapatan meningkat.
“Tentunya setelah diambil alihnya terminal tipe A, akan memberikan kontribusi positif dan kita terus mencari potensi-potensi lain, supaya mampu meningkatkan sekaligus mendongkrak APBD,” tukas HM Eduar Kohar. (Benz / Ujang)