KASDAM II/SWJ TINJAU PEMBANGUNAN RAI TEMPUR YONARHANUD 12/SBP

PALEMBANG, Amperasumsel – Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq S.H, M.H didampingi Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, Asrendam II/Swj Kolonel Arm  Dedy Jusnar Hendrawan, Kazidam II/Swj Kolonel Czi Irfan Affandi dan Danyon Arhanud 12/SBP Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto, S.Sos, meninjau pembangunan Markas dan Perumahan Baterai Tempur-R Yonarhanud 12/SBP yang berlokasi di Ds. Sungai Dua Kec. Rambutan, Kab. Banyuasin. Kamis (1/9) Berdasarkan laporan Kazidam II/Swj Kolonel Czi Irfan Affandi bahwa progress pembangunan Markas, perumahan, barak remaja dan gudang Baterai Tempur-R Yonarhanud 12/SBP saat ini sudah mencapai 75 persen. Dalam kesempatan tersebut, Kasdam II/Swj mengecek secara langsung kondisi fisik dan kualitas setiap bangunan, mulai dari kantor markas, gudang, perumahan prajurit dan barak remaja serta bangunan lainnya.

Kasdam II/Swj juga menekankan agar dalam pembangunan markas satuan tetap memperhatikan faktor pengamanan, kerahasiaan dan taktis, termasuk rencana lapangan untuk tempat latihan. Demikian bangunan perumahan prajurit harus rapi dan dijaga kebersihannya.” Pembangunan Markas dan Perumahan Baterai Tempur-R Yonarhanud 12/SBP, ini merupakan bagian dari upaya untuk melengkapi pengembangan Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj (sebelumnya Raiarhanudri 41/BS), yang telah diresmikan oleh pangdam II/Swj pada tanggal 15 Februari 2016 yang lalu,” terang Kasdam.

Sementara itu, Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar,S.IP menjelaskan bahwa pengembangan Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD untuk mewujudkan postrur TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AD untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF). “Dalam rangka pengembangan Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj, secara bertahap berbagai kelengkapan satuan baik pangkalan, perkantoran, perumahan, personel, materiil, persenjataan dan lainnya akan dipenuhi dan dilengkapi, termasuk pembangunan Markas Baterai R Yon Arhanud 12/SBP,” Kata Pendam.

Lanjut Pendam Menjelaskan Markas Yonarhanud 12 / SBP yang berada di Jalan Lintas Raya  Palembang – Betung Km 18 Ds.Sukamoro Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin ini, memiliki tugas pokok  melaksanakan pertahanan udara secara aktif dengan menghancurkan, meniadakan atau mengurangi daya guna dan hasil guna serangan udara musuh serta mendukung terciptanya stabilitas pertahanan wilayah yang kondusif dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Swj. (Kodam II)