Home / SUMSEL RAYA / Lahat / DINAS TPH LAHAT DORONG KELOMPOK TANI TANAM JAGUNG

DINAS TPH LAHAT DORONG KELOMPOK TANI TANAM JAGUNG

LAHAT, Amperasumsel¬†— Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lahat, melalui ¬†Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Ir. H. Hapit Padli MM. menghimbau petani khususnya para kelompok tani untuk memanfaatkan lahan yang tersisa atau lahan tidur untuk menanam jagung. Selain mudah dalam hal pengelolaan jagung Pemkab Lahat bisa meningkatkan pendapatan para petani. Tak hanya itu, tanaman jagung juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman selingan selain kopi dan karet yang saat ini sedang anjlok.

Hal tersebut seperti dikatakan Bupati Lahat, H. Aswari Riva’I, SE melalui kepala Dinas TPH Ir Hapit Padli, MM. Diungkapkan Hapit seperti halnya petani di Kecamatan Sukamerindu, saat ini sudah merasakan hasil panen dari menanam jagung.

“Ya kita terus mendorong para petani untuk juga melakukan penanaman jagung terlebih prospeknya untuk penghasilan petani itu sendiri lumayan. Sementara penanamanya tidak begitu sulit,” terang Hapit. Senin (5/9)

Pihaknya sendiri, ditegaskan Hapit siap membantu para petani khususnya menyangkut cara mengelola pertanian jagung. Upaya tersebut sendiri dikatakan agar petani tidak hanya berpatok kepada pertanian kopi yang saat ini hasil panen kurang memuaskan.

“Jadi bisa juga dimanfaatkan sebagai selingan sembari menunggu hasil panen kopi yang baru bisa didapat setahun sekali,”jelasnya.

Ditambahkanya, saat ini harga jagungmencapai Rp 3000 perkilonya. Belum lagi jika petani tersebut bisa mengelola jagung dengan cara menjual sesudah direbus atau dibakar. Hapit juga menuturkan kalau kesuburan tanah yang dimiliki kebanyakan petani Lahat juga sangat cocok untuk dijadikan lahan peratnianjagung.

“Jagung pangsa pasarnya besar dan selalu dibutuhkan. Jadi petani harus mencoba. Seperti di kecamatan Sukamerindu hasil yang didapat 9-12 ton,”ujarnya.(prima)

Check Also

TERDAMPAR DI TENGAH KOTA

  Oleh : Pinasti S Zuhri Hidup yang Rendi arungi ada batasnya, yang terlihat hanya …

TIM PANORAMIC DAN DISPAR LAHAT TEMUKAN SITUS MEGALIT DI RINDU HATI

Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Setelah Kabupaten Lahat mendapatkan penghargaan sebagai Pemilik Situs Megalit …

BPD PADANG BINDU GELAR MUSDES PERENCANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2021

  Laporan : Jack GEMAS – LAHAT Memasuki anggaran tahun 2021, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) …

BABY SPA LAHAT SIAP MELAYANI PERAWATAN BAYI

Laporan : Dafri GEMAS – LAHAT Bayi cerdas dan aktif pasti didambahkan oleh setiap kedua …

DANA PENANGGULANGAN COVID-19 DI LAHAT SUDAH TERSEDOT 16 MILIAR

Laporan : Dafri. FR GEMAS – LAHAT Penanganan Covid-19 di Kabupaten Lahat hingga November 2020 …