Home / SUMSEL RAYA / Lahat / ATLIT LAHAT KELUHKAN KEPEDULIAN DAN PERHATIAN “PEMKAB DAN KONI CUEKI BANYAK CABOR”

ATLIT LAHAT KELUHKAN KEPEDULIAN DAN PERHATIAN “PEMKAB DAN KONI CUEKI BANYAK CABOR”

LAHAT, Amperasumsel – Menjelang dan waktu yang bisa dikatakan takkan lama khususnya untuk melakukan persiapan serta pematangan kondisi, terutama jelang even pekan olahraga provinsi (porprov) misanya, di Muaranim 2018 misalnya. Justru tuai keluhan dan kritik dari berbagai induk cabang olahraga (cabor) di kabupaten Lahat, terutama dibidang perhatian serta fasilitasi atlitnya.

Salah satunya adalh Atlit cabang olahraga panjat tebing Lahat yang belakangan mengeluhkan kurangnya perhatian instansi terkait Pemkab Lahat  terhadap  sarana pendukung olahraga ini. 

Bahkan, papan panjat tebing yang berada di kawasan Gelora Serame dibiarkan rusak, sehingga menyulitkan bagi atlit untuk latihan.

Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pengkab Lahat, Andra Juarsyah mengemukakan, jumat (9/9), setidaknya ada 2 panel papan panjang tebing yang rusak dan tidak layak pakai serta membahayakan keselamatan atlit saat menggunakannya.

Menurut Andra, seharusnya papan panjat tebing itu sudah selayaknya diperbaiki, apalagi selama 3 tahun terakhir instansi terkait tidak pernah melakukan perbaikan ataupun pengadaan peralatan sebagai sarana pembinaan atlit, sedangkan atlit dituntut berprestasi. “Kita jadi terpaksa melakukan perbaikn secara swadaya. Kalo dibiarkan, kondisinya bertambah parah, dan jelas semakin merugikan,” tukas Andra.

Yadi, tokoh olahraga di Lahat juga mengatakan, selain menjadi tanggung jawab pemkab Lahat, semestinya kondisi dan situasi bagi par pelaku olahraga juga menjadi tanggung jawab induk olahraga (KONI) juga mesti bertanggung jawab atas semua kondisi dunia olahraga yang ada.“Yang namannya KONI itu induknya olahraga. Jadi jelas, semua urusan kondisi, fasilitas, pembinaan dan pengembangan dunia olahraga menjadi tanggung jawab mereka,” beber Yadi menegaskan.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Lahat, Ferly Sumarno tidak menampik jika seharusnya sarana panjat tebing untuk atlit berlatih itu butuh rehab total agar tidak membahayakan atlit ketika latihan.

Dia menambahkan, bukan hanya sarana atau kelengkapan bagi atlit panjat tebing saja, akan tetapi juga bagi cabor – cabor lainnya agar dapat meningkatkan prestasi, apalagi pada pekan olahraga provinsi (porprov) tahun depan, ditargetkan Kabupaten Lahat dapat mempertahankan prestasi dan tetap berada pada urutan 5 besar ” Kami akan terus upayakan semaksimal mungkin,” pungkasnya singkat. (Rustandi)

 

Check Also

POLRES LAHAT KEMBALI AMANKAN PELAKU PENIMBUN GAS MELON

Laporan : Dafri   GEMAS – LAHAT Jajaran Polres Lahat, dalam hal ini Polsekta Lahat …

YA DIDUGA PENIMBUN GAS MELON DIAMANKAN POLRES LAHAT

Laporan : Ujang GEMAS – LAHAT Penegakan peraturan tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Gas Melon …

POLRES LAHAT AMANKAN TERDUGA PENIMBUN GAS MELON

Laporan : Dafri   GEMAS – LAHAT Disaat masyarakat Kabupaten Lahat sibuk mencari isi ulang …

BANTUAN PKH DISALURKAN ,PARA PENERIMA DI DESA LUBUK TAMPANG SUMRINGAH

  Laporan : Bar GEMAS – LAHAT Antusiasme masyarakat para penerima PKH di Kikim Area …

BUPATI LAHAT AKAN BANGUN RUMAH TIPE 36 DI LOKASI KEBAKARAN PASAR BAWAH

Laporan : Prim GEMAS – LAHAT BupatiLahat Cik Ujang, SH didampingi Sekda Lahat dan kepala …