Home / SUMSEL RAYA / Lahat / BUPATI LAHAT KENALKAN NEGERI SEJUTA MEGALIT DAN KEINDAHAN AIR TERJUN

BUPATI LAHAT KENALKAN NEGERI SEJUTA MEGALIT DAN KEINDAHAN AIR TERJUN

LAHAT, Amperasumsel – Sumatera Selatan  (Sumsel) khususnya Kabupaten Lahat ternyata memiliki ribuan situs megalit dan ratusan air terjun yang mempesona namun belum diketahui khalayak ramai. Ribuan situs megalit peninggalan zaman megalitikum dan air terjun ini tersebar di seluruh daerah yang berjuluk Bumi Seganti Setungguan. Bagaimana Pemerintah Kabupaten Lahat mengembangkan potensi wisata ini. Jumat (9/9/2016). Dikantor Redaksi sindonews. Jakarta.

 

Lahat merupakan daerah yang banyak situs megalitnya bagaimana menurut anda?

Lahat memang banyak memiliki begitu banyak megalit yang umurnya sudah 2000-3000 tahun dan itu peninggalan budaya yang sudah sangat lama. Letaknya tersebar di seluruh Kabupaten Lahat. Dulu sewaktu Lahat itu belum ada pemekaran merupakan pusatnya megalit sekarang setelah dimekarkan Lahat dan Pagaralam merupakan tempatnya pusat megalit. Itu merupakan artefak Indonesia dan peninggalan yang memang harus dilestarikan. Itu memang miliknya Balai Konservasi yang ada di Provinsi Jambi, jadi kami memang hanya memiliki daerah tapi pengelolaan utama ada di balai konservasi tersebut. Namun pengamanan dan penjagaan pun itu dikembalikan di Pemerintah Kabupaten Lahat.

 

Apa situs megalit yang paling besar di Lahat?

Banyak sekali ada Rumah Batu, si pahit lidah. Macam macam dia (megalit) itu seperti pantun misalnya menggendong anak nanti ada. Jadi ada orang yang sedang memangku gajah. Itu merupakan arca atau batu dengan ukuran besar. Ukurannya hampir sebesar rumah yang lokasinya tersebar di Kabupaten Lahat dan berdekatan. Itu umurnya memang sudah sangat tua, sekitar ribuan tahun yang lalu.

 

Apa upaya yang dilakukan Pemkab Lahat untuk mengembangkan situs-situs megalit tersebut?

Situs-situs megalit itu memang milik balai konservasi namun kita tetap menjaganya karena itu berada di Kabupaten Lahat. Tapi satu kesulitan kita karena jumlahnya yang sangat banyak tersebar di banyak tempat, jadi memang sudah ada yang kita amankan. Amankan dalam arti kita kasih pagar kita jadikan tempat kunjungan wisata dan sebagainya.

 

Apa ikon yang akan ditawarkan untuk memperkenalkan potensi situs megalit tersebut?

Saya ingin Lahat menjadi negeri sejuta megalit. Setelah itu kita juga memiliki begitu banyak  air terjun. Bayangkan dalam satu kabupaten kita memiliki sekitar 78-112 air terjun dan letaknya berdekatan satu sama lain. Berdekatan dengan pusat kota Lahat yang bisa dicapai hanya dalam 20 menit dan ini bisa dinikmati oleh banyak masyarakat. Hal ini yang ingin kita tawarkan ke wisatawan agar mau berkunjung melihat langsung apa yang ada di Lahat.

 

Lahat juga dikenal memiliki potensi sumber daya alam yang banyak bagaimana pendapat anda?

Lahat memang dikenal memiliki sumber mineral yang luar biasa seperti batu bara dan sebagian gas dan minyak. Tapi batu bara kita tidak hanya dijual dalam bentuk gelondongan tapi juga dalam bentuk tenaga listrik. Kita suruh pengusaha untuk membangun power plant. Saat ini sudah ada 2 x 156 megawatt PLTU yang beroperasi di Kabupaten Lahat dengan investasi kurang lebih Rp15-20 triliun. Selain itu sudah ada 2 x 136 megawatt panas bumi  dari tenaga uap, itu merupakan investasi yang luar biasa. Dan ada beberapa sungai yang begitu besar yang kita jadikan juga PLTU Micro Hidro.

 

Bagaimana soal transportasi yang disediakan di Lahat untuk mengembangkan potensi tersebut?

Transportasi menuju lahat memang ada beberapa alternatif bisa menggunakan pesawat dari Kota Palembang atau langsung dari Jakarta. Penerbangan dari Palembang ke Lahat memang butuh waktu 4 jam. Ada lagi alternatif melewati Kabupaten tetangga kita Lubuklinggau, dari Linggau ke Lahat hanya menempuh waktu 2 jam penerbangan. Alternatif lainnya lewat Bandara Atungbungsu di Pagaralam yang hanya menempuh waktu 20 menit ke Lahat.

 

Salah satu transportasi yang ekonomis untuk menuju Lahat adalah kereta api bagaimana menurut anda?

Memang benar ada jalur kereta api dari Palembang sampai ke Lubuklinggau yang melewati Lahat. Itu salah satu transportasi yang sangat ekonomis dibanding pesawat terbang jika ingin ke Lahat.

 

Bagaimana soal sarana dan prasarana yang disiapkan untuk penginapan di Lahat

Selain hotel dan wisma nanti juga kita siapkan homestay untuk menginap para wisatawan yang ingin ke Lahat. Karena penduduk kita sudah terbiasa untuk hal itu karena beberapa even nasional berupa kegiatan automotif seperti adventure juga sering digelar di Lahat. Kadang-kadang hotel dan wisma terbatas sehingga kita sediakan homestay (Tim)

Check Also

BANTUAN PKH DISALURKAN ,PARA PENERIMA DI DESA LUBUK TAMPANG SUMRINGAH

  Laporan : Bar GEMAS – LAHAT Antusiasme masyarakat para penerima PKH di Kikim Area …

BUPATI LAHAT AKAN BANGUN RUMAH TIPE 36 DI LOKASI KEBAKARAN PASAR BAWAH

Laporan : Prim GEMAS – LAHAT BupatiLahat Cik Ujang, SH didampingi Sekda Lahat dan kepala …

BUPATI LAHAT HADIRI PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL DI PONPES AL-FATAH

Laporan : Prim GEMAS – LAHAT Memperingati hari santri nasional 22 oktober 2020, pondok pesantren …

KETUA AMPG LAHAT DISRAN DAVID OPTIMIS AMPG AKAN LEBIH SOLID

  Laporan : Prim GEMAS – LAHAT Mendapat amanah menjadi Ketua Organisasi besar sekelas AMPG …

BANTUAN MELALUI MDMC DAN LAZIZMU TELAH DISALURKAN KE KORBAN KEBAKARAN DI LAHAT

  Laporan : Prim   GEMAS – LAHAT PimpinanDaerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Lahat bersama Ortom …