H. ASWARI DAN MUSPIDA SHOLAT IDUL ADHA DAN POTONG HEWAN QURBAN

LAHAT, Amperasumsel – Ribuan jamaah umat Islam hadir di Lapanggan Seganti Setunguan (Ex MTQ) Lahat untuk merayakan Hari Kemenangan Idul Adha 1437 Hijriah dengan melaksanakan Sholat Idul Adha, Senin (12/7/). Turut hadir dalam sholat Idul Fitri ini dihadiri oleh Bupati Lahat H.Aswari Riva’i, SE, Wakil Bupati Lahat, Ketua DPRD, Kapolres Lahat,  Dandim 0405 Lahat,  Dan para tokoh ulama Kabupaten Lahat dan jajaran SKPD Kabupaten Lahat yang berlangsung pukul 07.00 wib.

 

Dalam sambutannya, Bupati Aswari mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha1437H.

 “Mohon Maaf Lahir dan Batin. Dan saya juga khususnya meminta maaf kepada masyarakat Kabupaten Lahat apabila selama ini saya ada salah disengaja ataupun tidak disengaja. Kak Wari mengundang untuk hadir silaturahim. Rumah dinas Bupati adalah rumah masyarakat Kabupaten Lahat selalu terbuka,” katanya.” kata Bupati yang akrab disapa Kak Aswari ini sambil mengumandangkan takbir.

 

Usai melaksakan Sholat Idul Adha Bupati dan rombongan Muspida melaksakan pemotongan hewan Qurban yang di laksakan di markas Kodim 0405 Lahat. Hari raya idul adha bagi umat islam adalah juga hari raya kurban.

 

Kilas balik dari peristiwa hewan qurban ini adalah bias dari sebuah kelurga muliah nabi Ibrahim alaihi selaam yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan anak kesayangannya yang bernama Nabi Ismail Alaihi Salam.

” Tentunya disaat hari raya idul adha, ada sebagain saudara kita umat islam yang kurang beruntung dalam merayakan idul adha qurban ini. Jangankan untum bergembira untuk memenuhin hajat makan bagi keluarganya saja sangatlah minim. Bagi umat islam yang mampu diperintahkan allah untuk berkurban, diharu raya Qurban ini bagi yang mampu dapat meberikan hewan kyrban 1 (Satu) ekor Kambing untuk 1 orang, dan 1 (Satu) ekor Sapi untuk 7 orang yang berkurban. Semoga pada hari akherat kelak. Allah swt akan mempersembahkan pahala yang sangat besar bagi para hamba yang telah berkurban. Saya pribadi dan atas pemerintab kabupaten lahat sangat mengapresiasi kondisi pisitif dan kondusif dalam perayaan haru raya idul adha 1437 H.” ucapnya (Prima)