KASAT POL PP LAHAT KAWAL PKL BONGKAR TEMPAT DAGANGANYA

LAHAT, Ampera Sumsel –Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa menebar lapak dagangannya di Jalan Profesor Emil Salim, Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Kota Lahat, tepatnya berada di antara Kantor Cabang  BRI dan Bank Sumsel Babel  akhirnya membongkar sendiri lapak dagangannya. Hal ini terlihat dari pantauan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lokasi Rabu (14/9).

Kasat Pol PP Pemkab Lahat, Sigit Budianto, SH yang memimpin langsung anggotanya mengungkapkan, pantauan yang dilakukan pihaknya kemarin siang seyogyanya hendak membongkar paksa lapak PKL tersebut.

Mengingat, pihaknya sudah tiga kali melayangkan surat teguran agar PKL yang bersangkutan segera membongkar sendiri lapak dagangannya sebelum dibongkar paksa.

“Jadi hari ini seyogyanya memang sudah melewati tenggat waktu. Tapi ternyata, yang bersangkutan sudah membongkar sendiri lapak dagangannya, seperti bisa kita lihat sekarang,” terang Budi seraya menunjuk puing-puing material lapak PKL pasca dibongkar sang pemilik.

Dilanjutkannya, keberadaan PKL yang biasa menjajakan sejumlah makanan dan minuman kecil di lokasi tersebut memang telah menyalahi aturan. Sebab, lapak PKL tersebut berada di area trotoar jalan. Sehingga, mengganggu aktivitas lalu lintas pejalan kaki.

“Selain itu, keberadaan PKL di sana juga telah mengundang sejumlah tukang ojek untuk mangkal di sana, walaupun sekedar istirahat melepas lelah. Di mana, para tukang ojek itu terpantau seringkali parkir kendaraanya di bahu jalan raya,” terang Sigit.

Sigit mengapresiasi tindakan PKL tersebut yang telah mengindahkan peringatan terkait keberadaan lapak dagangannya itu. Dia berharap agar PKL lainnya, yang masih menjajakan barang dagangannya di area terlarang serta mengganggu aktivitas umum, untuk juga bertindak sama, yakni membongkar sebelum dibongkar paksa.

“Karena kami tidak main-main. Akan kami tindak tegas, jika teguran atau peringatan dari kami tidak diindahkan,” tegasnya. (Prima)