Tiga Poin yang Perlu Dicermati

* Dalam Persiapan Pilkada 2018

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Jelang pesta demokrasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2018 mendatang, Polres Pagaralam menggelar persiapan yang dikemas dalam program coffe morning. Hadir dalam pertemuan di ruang kendali Polres Pagaralam, kemarin, Dandim 0405 Lahat, Letkol CZI Sri Hartono, Perwira Penghubung, Mayor Inf Heribertus, ketua dan komisioner KPU Kota Pagaralam, kapolsek dan camat di lima kecamatan, tokoh agama dan masyarakat se-Kota Pagaralam.

Kapolres Pagaralam, AKBP Pambudi SIK, didampingi Waka Polres, Kompol Ernawan mengatakan, persiapan Pilkada 2018, agar pelaksanaannya nanti bisa berjalan aman dan kondusif.

“Semua pihak perlu dilibatkan, baik itu KPU itu sendiri, TNI, dan jajaran pemerintah daerah,” katanya.

Sekdakot Pagaralam, Drs Safrudin yang hadir menegaskan, jelang Pilkada 2018 nanti, segala sesuatunya, perlu dipersiapkan dengan matang.

“Tiga poin yang perlu dicermati, diantaranya segera menyusun rencana anggaran yang diperlukan selama tahapan pilkada, penentuan lokasi, dalam hal ini pemasangan alat peraga cawako di wilayah Pagaralam. Tak kalah penting, penanggulangan keamanan dan ketertiban (kamtib),” ujarnya.

Semua pihak terkait dalam pelaksanaan Pilkada ini lanjutnya, untuk bersinergi mensukseskan Pilkada di Kota Pagaralam. “Kita harapkan pelaksanaannya nanti bisa berlangsung aman, kondusif tanpa adanya gangguan,” pintanya.

Ditambahkan Ketua KPU Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi, sejauh ini pihaknya sudah melakukan persiapan mengenai tahapan-tahapan Pilkada di Pagaralam. Diakuinya, tahapan pesta demoktasi yang akan dilaksanakan nanti, berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. “Tahapan  Pilkada nanti terkoordinasi ke Pusat, terkait Pilkada serentak. Kita (KPU, red) menunggu dan mengikuti instuksi dan petunjuk tahapan yang sudah ditentukan pusat,” terangnya.

Tak hanya mengenai tahapan Pilkada, juga data pemilih. Saat ini sudah dilakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kota Pagaralam, terkait data pemilih yang ada di Kota Pagaralam, termasuk ASN pensiun (TNI, Polri, PNS) hingga pemilih pemula.

“Berbeda dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya, alat peraga bisa dibuat sendiri oleh para calon. Pilkada 2018 nanti, alat peraga bakal diseragamkan bentuk dan ukurannya oleh KPU, seperti baleho dan spanduk,” bebernya seraya mengatakan diperkirakan tempat pemungutan suara di lima kecamatan berjumlah 111 TPS. (Dian)