Jadikan Tantangan Untuk Bisa Berkembang

* Perindagkop – Besh Hotel MoU dengan DPC Akumindo

 

PAGARALAM, Ampera Sumsel – Berbagai hambatan-hambatan yang dihadapi pelaku usaha kecil (UMKM, red) di Kota Pagaralam yang menjadi tantangan untuk bisa bersaing dan berkembang, Pemkot Pagaralam dalam hal ini Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM dan PP – Besh Hotel jalin kerja sama dituangkan dalam penandatanganmemorandoum of Understanding (MoU) dengan DPC Akumindo Pagaralam, di Balai Kota, kemarin di Gedung  Balai Kota. Misinya tak lain, komitment mendukung perkembangan UMKM yang ada dengan memperluas jaringan pasar produk.

Kadisperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Drs Marjohan mengatakan, misinya tak lain, komitmenmendukung perkembangan UMKM yang ada dengan memperluas jaringan pasar produk. Perlu dilakukan kerjasama yang dituangkan dalam MoU dengan DPC Akumindo Pagaralam,” ulasnya.

Adapun sasaran kerjasama ini, mengenai pemasaran hasil produk IKM & UKM yang ada di Kota Pagaralam.

“Tak hanya masalah pemasaran, Perindagkop sudah memprogramkan kedepannya dengan serangkaian kegiatan semisal pelatihan-pelatihan kepada UMKM termasuk bantuan,” katanya.

Sementara Direktur Besh Hotel, Eko Soedjianto mengatakan, untuk memajukan usaha UMKM perlu adanya perubahan mindsite UMKM itu sendiri. Yang mana, mencermati setiap peluang – peluang usaha untuk diciptakan.

“Pagaralam sebagai kota wisata dan sektor pertanian dan perkebunan,banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi peluang-peluang usaha baru,”katanya seraya mengatakan pihaknya siap mensuport kegiatan-kegiatan yang tak lain untuk memajukan UMKM di Pagaralam.

Ketua DPC Akumindo Kota Pagaralam, Hendi Romiko SPd mengatakan, dengan adanya nota kesepahaman yang dilakukan ini,diharapkan adanya jalinan kerja sama untuk memajukan usaha UMKM yang ada di Pagaralam.

“Tentunya peran Akumindo sendiri tak terlepas dengan dukungan berbagai pihak baik Pemkot melalui sejumlah satker dan pihak lainnya. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, wadah yang mengakomodir usaha mikro kecil ataupun menengah diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian di Pagaralam,” katanya (Dian)