Home / SUMSEL RAYA / Banyuasin / Kepala Desa Di Muba Dapat Pelatihan Dari Mendagri

Kepala Desa Di Muba Dapat Pelatihan Dari Mendagri

MUBA –– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo diwakili oleh Dirjen Otda ( Direktur Jenderal Otonomi Daerah) Sumarsono menghadiri acara pelantikan 65 kepala desa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Rabu (12/10).Sumarsono menyampaikan harapan Mendagri agar pemerintahan desa mengelola dana desa dengan baik yang bersumber dari APBN maupun Alokasi Dana Desa (ADD), bantuan keuangan Provinsi, serta pendapatan asli desa (PADes).

“Harus benar benar tepat  dalam menggunakan anggaran atau profesional agar bisa bermanfaat bagi masyarakat desa,” tuturnya.

Dia melanjutkan, Kemendagri bersama-sama Pemkab Muba dalam waktu dekat akan memberikan pelatihan kepada Kades-Kades terkait pengelolaan dana desa.

“Agar dalam pelaksanaannya nanti tidak ada kesalahan dalam penggunaan anggaran tersebut,” jelasnya.

Dikatakanya, dalam mengelola keuangan desa tidak hanya mengandalkan kuasa kepala desa dan perangkatnya. Tetapi butuh keterlibatan berbagai stakeholders yang ada di desa. Apalagi saat ini desa telah mengelola dana dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk itu, desa perlu memiliki orang yang mahir agar membantu menyusun RPJMDes, RKPDes, Design & RAB serta APBDes.

“Kita minta paling lambat satu bulan kedapan agar Pemkab Muba mempersiapkan serta memfasilitasi pelatihan untuk kades tersebut untuk narasumber kami akan kirim beberapa orang dari kemendagri yang turun langsung untuk menjadi pembicara,” tegasnya.

Sementara,  Plt Bupati Beni Hernedi usai melantik 65 kades mengatakan, untuk mendukung suksesnya pengelolaan keuangan desa,  butuh peran aktif para kepala desa dan perangkat desa yang punya kapasitas. Mereka harus paham dan mengerti betul apa isi regulasi tentang desa. Jika tidak, pasti pengelolaan keuangan desa akan mengalami masalah serius ke depannya.

Menanggapi rencana pelaksanaan pelatihan pengolaan dana desa, ia menyambut baik rencana itu, dan mengucapakan terimakasih atas perhatian yang luar biasa pemerintah pusat yang ingin turun langsung merangkul masyarakat, memberikan pelatihan dan pembekalan kepada Kades-kades,

“Ini luar biasa, disini kami ingin tegaskan bahwa Pemkab Muba siap untuk bersama-sama Kemendagri melaksanakan kegiatan yang positif ini,” cetusnya.

Selain itu,  dikatakan beni, kades dituntut harus senantiasa terus berusaha meningkatkan profesionalitas,kedisiplinan, netralitas,loyalitas dan integritasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Mengenai Netralitas, hal ini saya ingatkan berkenaan dengan Pelaksanan Pemilukada Muba 2017 yang tidak lama lagi akan berlangsung.Pesta demokrasi tersebut harus kita sukseskan, dengan menjaga keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat serta menyalurkan hak hak suara dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Hafis)

Check Also

Kades Itu Harus Visioner, Kreeatif dan Inovatif Membangun Desa

MUBA, Ampera Sumsel – Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, kepala desa merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap …

SELURUH KADES WAJID SUSUN RPJMDES

BANYUASIN, Ampera Sumsel — Guna menghasilkan pembangunan sesuai harapan masyarakat di desa yang terlaksana berdasar peraturan …

PENEMUAN MAYAT TIDAK DIKENAL “KORBAN DIDUGA TABRAK LARI”

BANYUASIN, Ampera Sumsel – Warga bersama Satlantas Polres Banyuasin di kagetkan dengan penemuan mayat orang tidak …

LAGI, KPK PERIKSA DUGAAN SUAP PROYEK BUPATI BANYUASIN

BANYUASIN, Amperasumsel — Setelah satu hari sebelumnya penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekda Banyuasin dan …

JELANG H-3 IDHUL ADHA, SATLANTAS POLRES BANYUASIN GIATKAN RAZIA

BANYUASIN, Amperasumsel  -Menjelang H-3 Arus mudik hari raya idhul Adha 1437 Hijriah Satlantas Polres Banyuasin, yang …