Home / SUMSEL RAYA / Pagar Alam / Tingalkan Pola Pikir Bertani Konvensional

Tingalkan Pola Pikir Bertani Konvensional

*  Wako Lepas Kontingen Pekan Daerah KTNA

 

PAGARALAM,  Ampera Sumsel  – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adalah Organisasi profesi bersifat independen, berorientasi pada kegiatan ekonomi, sosial dan budaya di sektor agribisnis, khususnya para petani. KTNA ikut bertanggungjawab dalam upaya untuk mengentaskan keterbelakangan kemiskinan bagi kaum tani serta penduduk pedesaan dengan menciptakan kegiatan-kegiatan kongkret yang dilaksanakan secara terencana, bertahap dan berkesinambungan.

Untuk itulah Pemerintah Kota Pagaralam mengutus kontingen guna mengikuti Pekan Daerah KTNA tingkat Provinsi, yang dilangsungkan di Kota Lubuk Linggau. Para kontingen yang terdiri dari para petani yang ada di Kota Pagaralam ini dilepas langsung oleh Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati MKes. Wako melepas para kontingen Pekan Daerah KTNA di halaman kantor Walikota Pagaralam, yang dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam.

Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Mkes mengatakan, bahwa diharapkan kepada para kontingen dapat menambah pengetahuan serta untuk mengubah pola pikir para petani, yang pada umumnya masih menggunakan cara konvensional.

“Saya meminta kepada para peserta untuk saling tukar pendapat kepada peserta yang ada di sana nanti. Dan juga mohon diikuti dengan teliti, agar dapat menambah wawasan untuk kemudian diterapkan demi kemajuan para petani yang ada di Kota Pagaralam,” jelasnya.

Wako menjelaskan, bahwa mengikuti Pekan Daerah KTNA ini sangat penting bagi petani yang ada di Kota Pagaralam sendiri, sebab di Pagaralam terdapat semua jenis sayuran dan perkebunan. Untuk itulah pemerintah mau memfasilitasi para petani untuk mengikuti kegiatan ini.

“Terlebih lagi saat ini kita sedang giat-giatnya mempromosikan kopi asli Kota Pagaralam. Dan saya berharap kepada para peserta yang diberangkatkan, jadilah petani yang cerdas. Karena para peserta ini membawa nama Kota Pagaralam. Jadi apabila berhasil maka akan meningkatkan kesejahteraan bagi para petani,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BP5K Kota Pagaralam, Ir Prima Dina Surya sebagai ketua pelaksana didampingi ketua KTNA Kota Pagaralam Wawan Saibi mengatakan, bahwa PEDA XII KTNA tingkat Provinsi merupakan suatu forum silaturrahmu antar petani dan nelayan se-Provinsi Sumatera Selatan.

“Sasarannya adalah memberikan kesempatan bagi para petani dan nelayan dalam meningkatkan kemampuan di bidang pertanian, serta mengaktualisasikan diri dalam kemandirian kontak tani nelayan sebagai pelaku pembangunan pertanian,” ujarnya.

Ditambahkan Prima, pelaksanaan PEDA XII KTNA tingkat Provinsi akan dilaksanakan dari tanggal 17 – 22 Oktober 2016. Dan untuk kontingen Kota Pagaralam sendiri memberangkatkan 104 peserta gabungan.

“Peserta yang kita berangkatkan terdiri dari peninjau, pendamping dan peserta utama yang ada di Kota Kota Pagaralam,” pungkasnya.(Dian)

Check Also

KASUS COVID-19 DI PAGARALAM KINI BERTAMBAH SATU LAGI

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Dua hari Kankemenag Pagaralam mengeluarkan surat edaran kasus Covid …

WAKO PAGARALAM BERIKAN BONUS PADA JUARA TAHFIZ AL-QUR’AN 20 JUS MTQ TINGKAT PROPINSI

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Bangga dan haru itulah yang disampaikan walikota Pagar Alam …

KETUA LSM IPSW PAGARALAM MINTA ANGGOTANYA BEKERJA SESUAI TUPOKSINYA

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Ketua LSM IPSW Kota Pagar Alam M.Helmi.HZ menegaskan, bahwa …

BANDIT ASAL EMPAT LAWANG KEOK DI TANGAN TIM TATAIKA 72 POLSEK PAU PAGARALAM

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Kapolres Pagar Alam AKBP Dolly Gumara,SIK Didampingi Kapolsek Pagar …

KEDAI PEMPEK FIRA SEDIAKAN MENU BARU PINDANG MERANJAT

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Pempek Fira yang selama ini dikenal dengan menu andalan …