Home / SUMSEL RAYA / Pagar Alam / Kopi Pagaralam Welcome Drink Asian Games

Kopi Pagaralam Welcome Drink Asian Games

PAGARALAM,  Ampera Sumsel – Rombongan South Sumatera Coffe Trips yang dilepas langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Ishak Mekki akhirnya tiba di Tanah Besemah Kota Pagaralam. Rombongan yang terdiri dari forum pendamping UMKM, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta dari dinas Perkebunan Provinsi Sumsel,melakukan pertemuan dengan Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati MKes.

Dalam acara yang dibalut dengan agenda Coffe Morning, Ketua Rombongan dari South Sumatera Coffe Trips, Salama Srisusanti menjelaskan, bahwa coffe tripini merupakan kegiatan ini murni ide dari forum pendamping UMKM bekerjasama dengan PHRI, dan juga pihak provinsi Sumatera Selatan.

Coffee trips bertujuan untuk mengembangkan, mempromosikan, serta mensosialisasikan kopi asli dari Sumatera Selatan, yang nantinya kopi Pagaralam akan semakin dikenal dunia lewat Asian Games 2018 mendatang.

“Ide ini bermula dari Festifal Sriwijaya tahun 2015 lalu, Gubernur SumSel, H Alex Noerdin mengatakan, banyak yang belum tau bahwa SumSel sebagai penghasil kopi robusta terbaik ke-5 di dunia. Sudah selayaknya kita mempromosikan hal tersebut melalui ajang Asian Games, dengan cara menyuguhkan Kopi ini sebagai Welcome Drink para peserta dan official Asian Games 2018 mendatang,” jelas Salama.

Untuk merealisasikan kopi sebagaiWelcome Drink tersebut, rombongan ini mencari kopi terbaik yang ada di Sumsel sekaligus mencari para petani dan juga pelaku UMKM pengolahan kopi. Agar nantinya produk olahan kopi ini menjadi objek pendukung sebagai peningkatan pariwisata dan juga mendorong para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya.

“Nantinya kopi di Sumsel akan kita usulkan menjadi 1 brand/merek dari tiap Kabupaten/Kota penghasil kopi. Seperti Kabupaten Muara Enim, Kabupten Lahat, Kota Pagaralam, Kabupten OKU Selatan, dan juga Kabupaten Empat Lawang. Kita lebih menargetkan para pelaku UMKM dari produk pengolahan kopi, sehingga para pelaku UMKM dapat menjadi wirausaha yang mandiri,” ujarnya.

Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati MKes menyambut baik kedatangan dari Rombongan dari South Sumatera Coffe Trips ini, terlebih Kota Pagaralam saat ini memang sedang giat-giatnya mempromosikan pariwisata dan juga pertanian jenis kopi yang ada di sini.

“Kita sangat menyambut baik kedatangan dari Coffee Trip ini. Seperti kita ketahui, bahwa Kota Pagaralam sedang giat-giatnya mempromoskan pariwisata. Seperti yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu, yaitu pertemuan dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Hasilnya, Kota Pagaralam masuk dalam daftar 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” jelas Wako.

Ditambahkan Wako, selain masuk daftar 88 Kabupaten/Kota KSPN, Pagaralam juga ditetapkan menjadi 10 destinasi wisata adventure. Walaupun demikian, lanjut Ida, Kota Pagaralam masih harus banyak berbenah dan belajar serta masih memerlukan bantuan dari semua pihak, khususnya masyarakat Kota Pagaralam.

“Semoga dengan adanya coffe tripini dapat membantu mempromosikan Kota Pagaralam. Baik itu dari segi Pariwisata maupun segi hasil pertanian Kopinya, terlebih Kopi Pagaralam menjadiWelcome Drink Asian Games,” pungkasnya. (Dian)

Check Also

RESTORAN PANDA WATER PARK BERGAYA KAPAL PESIAR

  Laporan : Aceng   GEMAS – PAGARALAM Bagi anda warga Kota Pagar Alam Sumatera …

DPRD PAGARALAM BERKILAH BELUM MEMPELAJARI UU CIPTA KERJA

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Tolak undang undang omnibuslaw, mahasiswa Pagaralam kembali unjuk rasa …

KAPOLSEK PAGARALAM UTARA PAMIT TUGAS MENJADI KAPOLSEK PENDOPO 4 LAWANG

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Kapolsek Pagar Alam Utara Polres Pagar Alam AKP Herry …

PANDA WATER PARK PAGAR AGUNG DIRESMIKAN LANGSUNG OLEH KADISPAR PAGARALAM

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Pemerintah Kota Pagar Alam Melalui Kepala Dinas Pariwisata Muhammad …

KASUS COVID-19 DI PAGARALAM KINI BERTAMBAH SATU LAGI

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Dua hari Kankemenag Pagaralam mengeluarkan surat edaran kasus Covid …