Home / SUMSEL RAYA / Pagar Alam / Wajib, Semua Prajurit TNI Korem Gapo Harus Daki Gunung Dempo

Wajib, Semua Prajurit TNI Korem Gapo Harus Daki Gunung Dempo

PAGARALAM, Ampera Sumsel — Akan segera dibangun Patung Burung Garuda di kawasan Puncak Rimau.Ini merupakan bentuk komitmen jajaran Korem Garuda Dempo untuk mengenalkan sekaligus menetapkan Gunung Dempo. Tempat ini akan menjadi salah satu lokasi dilaksanakannya kegiatan tradisi menaiki Puncak Gunung Dempo,  yang merupakan syarat sahnya menempati kesatuan baru.

Demikian diungkapkan Dandim 0405 Lahat Letkol CZI Sri Hartono, Minggu (23/10).  Dengan dibangunnya Tugu Garuda Dempo, secara tidak langsung Kota Pagaralam jadi salah satu tujuan semua prajurit baru,  khususnya di kesatuan Korem Garuda Dempo. Yaitu saat mereka menjalani tradisi masuk kesatuan.

“Patung Garuda yang berdiri kokoh tersebut dibangun dengan dengen tinggi sekitar 2 meter. Lebar kepak sayap kurang lebih 5 meter. Semoga patung garuda menjadi salah satu kebanggaan yang dimiliki masyarakat Kota Pagaralam,” katanya.

Lebih jauh dikatakan Sri Hartono, kegiatan pendakian ke Puncak Dempo bagi prajurit baru  akan ditetapkan menjadi agenda rutin oleh Korem Garuda Dempo. Pasalnya, setiap prajurit TNI yang menempati kesatuan atau tempat dinas baru, akan diperkenalkan dengan Gunung Dempo. Ini sekaligus penanaman nilai-nilai perjuangan satuan yang ditempatinya, sehingga dapat dijadikan kebanggaan.

“Kegiatan tradisi penerimaan prajurit baru, akan diikuti ratusan prajurit, mulai dari perwira, bintara dan tamtama dari Korem Gapo yang membawahi sebanyak 7 Kodim,” ucapnya.

Melalui tradisi ini, dirinya berharap menjadi pengalaman berharga bagi prajurit, sehingga dapat menumbuhkan kecintaan tanah air dan kebanggaan, disiplin jiwa keprajuritan yang sehat patriotisme dan pengakuan terhadap kesatuan. Selain itu mencintai alam, melatih kekuatan fisik dan mental, sehingga tidak mudah membuat pelanggaran yang dapat merusak nama baik TNI, karena memasuki kesatuan tidaklah mudah.

“Dampak positifnya tradisi ini, pendaki atau oknum-oknum yang mempunyai niat merusak lingkungan akan takut, sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga,” tegas Dandim. (Dian)

Check Also

WAWAKO PAGARALAM : PAHLAWAN ADALAH KEBANGGAAN SEPANJANG MASA

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Setiap tanggal 10 November Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional …

PERINGATI HARI PAHLAWAN, WAKO PAGARALAM JADI INSPEKTUR UPACARA

  Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Pemerintah Kota Pagar Alam bersama Forkompimda  Selasa 10 …

PORKOMPINDA PAGARALAM GELAR APEL KESIAPAN BENCANA ALAM

  Laporan : Aceng GEMAS – LAHAT Memasuki Musim penghujan tahun 2020-2021, Forkopimda Kota Pagaralam …

SURAPATI : CIPTAKAN LAPANGAN KERJA MELALUI DEMPO COFFEE

  Laporan : Aceng   GEMAS – LAHAT Minum kopi, sekarang bukan lagi hanya bertujuan …

DI HUT KE-63, WAWAKO PAGARALAM UCAPKAN SEMOGA BANK SUMSEL BABEL MAKIN INOVATIF

  Laporan : Aceng GEMAS – LAHAT   Wakil Walikota Pagar Alam Muhammad Fadli, SE, …