Disdiknas Launching 5 Sekolah Model

* Tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat

 

LAHAT,  Ampera Sumsel  – Demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di bumi seganti setungguan, bertempat di aula pertemuan SMPN 6 Lahat, Senin (24/10). Pemkab Lahat, melalui Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) melaunching 5 sekolah berstatus model, tingkat SD, SMP dan juga SMA, yang disaksikan dan dihadiri oleh sekretaris daerah (sekda), H Nasrun Aswari SE MM.

Turut hadir juga, anggota DPR RI Komisi IX, Ir Sri Melyana, Ketua Dewan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumsel, Dr H Yaswardi MSi. Dalam sambutannya, Kadisdiknas Lahat, Drs Sutoko MSi mengatakan, sekolah model merupakan upaya nyata jajaran pemkab Lahat, didukung semua pihak lainnya, baik itu LPMP, atau hingga ke anggota DPR RI.

“Banyak syarat yang memang mesti dipenuhi untuk bisa jadi sekolah model, mulai akreditasi, fasilitas mumpuni, baik situasi lingkungan, atau tenaga pendukung, sampai fasilitas penunjang yang ada lainnya. Lahat sendiri hari ini ada 5 sekolah di launchingkan,” beber Sutoko.

Adapun sekolah sekolah dimaksudkan yaitu SDN 10,  SDN 17, SMPN 6, SMKN 4, dan SMAN 3 Lahat. Ditetapkannya masing masing sekolah ini sudah barang tentu sebelumnya sudah memenuhi standar dan kualifikasi disebutkan diatas.

“Hari ini masing masing sekolah dimaksud resmi berstatuskan sekolah model. Kedepan, insyaallah bisa ditingkatkan statusnya menjadi sekokah unggulan yang jauh lebih baik lagi,” beber Sutoko lagi.

Terpisah, Ketua LPMP Sumsel, Yaswardi juga membenarkan, status sekolah model adalah indikator awal, menuju perubahan dan perbaikan mutu sekolah yang lebih mumpuni. Disini, Yaswardi ‘menantang’ kepada semua pihak, baik itu sekolah, atau juga pemkab agar status bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Ini tugas kita sama sama, khususnya dalam hal meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Lahat, Sumsel khususnya dan juga nasional umumnya,” beber Yaswardi.

Sementara, Sekda Nasrun juga setuju dengan apa yang dikemukakan Ketua LPMP Sumsel sebelumnya. Ditegaskannya, pemkab Lahat seperti diketahui sebelumnya, memang fokus dalam program kerjanya mengenai pengembangan dan pembangunan pendidikan.

“Ini merupakan fokus pemkab Lahat, dimana memang pendidikan merupakan modal paling awal dalam mewujudkan pembangunan kedepannya. Untuk itu, Lahat jelas mesti memiliki dunia pendidikan yang berkualitas, dan Pemkab akan mendukung penuh,” ujar Nasrun (Prima)