PETANI STROBERRY DI KECAMATAN SDU, KELUHKAN BIAYA BIBIT DAN PEMELIHARAAN

MUARA ENIM, AmperaSumsel – Kebun stroberry yang terus digalkkan oleh para petani di wilayah Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim, tepatntnya di Desa Aremantai,  Desa Siring Agung dan Desa Segamit, semakin menjadi primadona,.

Betapa tidak, saat saat seperti sekarang ini misalnya. Permintaan buah yang berwarna merah merona itu sangat tinggi. Sementara para petani yang menanamnya minim, yang dikarenakan tingginya biaya bibit dan biaya pemeliharaannya. 

Kendti biaya operasional berkebun stroberry itu dirasa sangat berat bagi petani,  namun warga Desa Siring Agung tetap semangat dengan sudah mempersiapkan lahan seluas tiga hektar untuk pengembangan komoditi buah itu. 
“Saat ini, kita sudah menyiapkan lahan 3 hektar untuk pengembangan buah stroberry ini,  namun kita masih berharap ada uluran tangan dari pihak pemerintah kabupaten, propinsi atau dana dari pusat, karena biaya pemeliharaan sangat tinggi, ” ujar Kumala, Kepala Desa Siring Agung. 
Selain Desa Siring Agung,  Desa Aremantai dan Desa Segamit, pun saat ini masih berusaha mencari lahan untuk pengembangan buah ini. Menurut warga di 3 desa tersebut, bercocok tanan buah yang di minati banyak orang itu sangatlah menjanjikan. Apalagi jika pihak terkait bersedia memberikan bantuan.
“Saat ini kan hampir setiap hari pengunjung dari berbagai daerah lain, yang datang ke Desa Segamit untuk membeli buah stroberry. Ya kadang smereka sempat tidak kebagian, karena banyaknya pengunjung yang datang, ” kata Jalal kepala Desa Segamit, saat disambangi wartawan di wilayah perkebunan stroberry Danau Ringkih, Senin (24/10). 
Sementar itu, salah satu pengunjung asal Kot Palembang, Vidia mengatakan, bahwa perkebunan stroberry di wilayah semende ini merupakan sebuah potensi agropolitan, yang luar biasa sekali.  Dirinya menambahkan, alam indah dengan bentangan kebun stroberry membuat hatinya begitu senang bekunjung ke semende. 
“Waw,  luar biasa sekali. Bentangan kebun dan indahnya alam semende ini sangat luar biasa,  andai saja ini dikembangkan lebih luas lagi,  akan mengundang wusatawan lebih banyak yang datang ke sini, ” ujar mahasiswi Unsri ini, sembari berdecak kagum menyaaksikan hampran buah stroberry yang ada di kebun kebun warga.

Photo/Naskah : (Hafizul A)

Editor                   : (UJANG, SP)