KNPI Lahat Kunjungi Makam Pahlawan Letda Abdul Karim

LAHAT, Ampera Sumsel – Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober, puluhan pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lahat, mengunjungi makam pahlawan Letda Abdul Karim, yang terletak di Desa Tanjung Sakti, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat.  Jumat (28/10). Selain Anggota KNPI Lahat,  Ada juga Ketua GP Ansor Lahat,  Ketua LSM Cobra Lahat, dan Masyarakat ikut mendoakan para pemuda juga mendirikan plang (Papan nama) para pahlawan yang gugur saat pertempuran melawan penjajah Belanda di Terkul, Kecamatan Pagar Gunung,Lahat.

“Sebagaimana kita ketahui Letda Abdul Karim merupakan pejuang yang berani mati. Berkat jasanya hari ini kita bisa menikmatikemerdekaan. Kita yang mudah berharap apa yang diperjuangkannya bisa kita ikuti, dan semoga apa yang kita doakan tadi bisa diterima oleh allah Swt,” ungkap Ketua KNPI Lahat, Tanhar Effendi,

Ditambahkan Tanhar, pemasangan plang nama juga diharapkan bisa mengingatkan semua elemen masyarakat kalau KabupatenLahat punya pahlawan.

Sejalan dengan itu akan adanya sikap patriotisme di diri masing-masing dalam memperjuangkan bangsa.

Sementara, Sudirman keponakan dari Abdul Karim menceritakan pamannya tersebut gugur saat memimpin perang di Desa Terkul, Pagar Gunung, Lahat.

Menurutnya, saat kontak senjata dengan tentara penjajah Abdul Karim sempat diingatkan bawahannya untuk mundur terlebih dahulu dari peperangan. Namun, karena kegigihannya untuk memberangus penjajah ia tak peduli meski nyawanya menjadi taruhan.

“Memang kelahirannya di sini. Saat gugur beliau masih bujang. Di mata keluarga dan masyarakat dia merupakan sosok pemberani dan sangat mencintai Bangsa Indonesia,” cerita Sudirman.

Sementara itu, selain kunjungan ke Makam Pahlawan, anggota KNPI Lahat juga melaksanakan upacara bendera di Lapangan Seganti Setungguan Lahat. (Prima)