Monalisa Hampir Dimasa, Bawa Uang 35 Juta

EMPATLAWANG, Ampera Sumsel – Pasar Tradisional Modern (PTM) Pendopo, Kabupaten Empat Lawang mendadak heboh dan ramai. Bukan karena ada diskon besar-besaran, tapi ada pelaku pencurian tas berisi uang sekitar 35 juta.

Didapati pelakunya adalah seorang wanita bernama Monalisa alias Mona (50) warga Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam. Dia nyaris dimassa karena mencuri tas berisi uang Rp.35 juta milik Eka Ernawati (56) warga Jl Jati Kelurahan, Pendopo Kecamatan Pendopo, Empat Lawang.

Kejadian terjadi Kamis (27/10) sekitar pukul 14.30 WIB di dalam toko manisan milik korban, Eka di PTM Pendopo. Saat itu pelaku pura-pura menerima telepon dan numpang menelepon ke dalam toko milik Eka.

Namun itu hanya untuk mengecoh, ketika korban Eka lengah, pelaku mengambil tas yang berisikan uang sebesar Rp35 juta milik korban. Selanjutnya pelaku buru-buru keluar dari toko, namun aksinya diketahui oleh saksi Jimi.

Jimi bersama warga dan pedagang di kawasan PTM langsung menangkap pelaku berikut tas yang ada di tangan pelaku. Beruntung, warga masih bisa menahan emosi sehingga tidak terjadinya main hakim sendiri oleh warga.

“Pelaku diserahkan oleh warga ke Polsek Pendopo. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan,” terang Kapolres Empat Lawang, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kapolsek Pendopo, Iptu Hariyanto, kemarin (28/10).

Hariyanto menuturkan, pelaku bisa dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Barang bukti yang diamankan yakni satu tas merk Sophie Paris warna merah marun dan uang Rp35 juta milik korban. (Man)