2018, Palembang Siap Gelar MotorGP

PALEMBANG – MALAISYA,  Ampera Sumsel —  Pada 2018 mendatang, Kota Palembang bakal menjadi tuan rumah pergelaran balap motor internasional yakni MotoGP. Pasalnya, pihak Dorna yang merupakan organisasi penyelenggaran MotoGP telah menyetujui dan mendukung pembangunan Sirkuit di Palembang. Sabtu (29/10). 

Hal tersebut diketahui saat Gubernur Sumsel H Alex Noerdin diundang secara resmi oleh Dorna di Sepang, Malaysia.  Dalam kesempatan ini CEO Dorna Mr. Carmelo Ezpeleta bersama Chief Designer Tilke Gmbh & Co Mr. Ulrich Merres menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadirian Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang meluangkan waktu untuk memenuhi undangan dari Dorna.

Menurut Carmelo Ezpeleta, semangat Gubernur Sumsel untuk membangun Sirkuit MotoGP di Palembang patut diapresiasi. Karena itu, secara teknis Dorna menyetujui Palembang menjadi tuan rumah MotoGP 2018 dan mendukung pembangunan sirkuit yang akan didesain oleh Herman Tilke.

“Jika Sirkuit MotoGP dibangun di Palembang selesai. Palembang akan lebih dikenal di Dunia serta Sumsel akan lebih maju dan berkembang,” ujarnya. Minggu (30/10).

Di tempat yang sama, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Sumsel, Teddy Meilwansyah mengaku sangat berterima kasih karena telah disetujui serta didukung oleh DORNA dalam penyelenggaraan MotoGP pada tahun 2018 mendatang.

“Kami sangat serius dalam mewujudkan pembangunan sirkuit MotoGP yang berlokasi di Jakabaring Palembang,” ujarnya.

Dirinya juga membeberkan, pihaknya akan memulai pembangunan sirkuit ini pada tahun 2017 mendatang. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kesepakatan dengan Dorna dalam penyelenggaraan MotoGP ini.

“Nanti tim teknis dari kedua belah pihak akan melanjutkan kesepakatan dari pertemuan ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin juga menyempatkan diri untuk menonton langsung balap MotoGP di Sirkuit Sepang Malaysia ini. Dirinya juga mengapresiasi Pembalap Indonesia, Andi “Gilang” Farid Izdihar yang memenangi balapan pertama seri ke-6 Asia Talent Cup di Sirkut Sepang, Malaysia.

“Kami berharap dengan adanya sirkuit MotoGP di Sumsel  yang mempunyai standar internasional ini, mampu melahirkan pembalap Indonesia berbakat lainnya,” tandas mantan bupati Musi Banyuasin (Muba) dua periode ini. (And)