Grand Final IOF National Championship dan Battle of The Best dilangsungkan di Lahat

 LAHAT,  Ampera Sumsel — Ajang kompetisi offroad terbesar tahun ini memasuki babak akhir. Seri ke-4 Indonesia Offroad Federation National Championship (IOFNC) yang bakal digelar di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan menjadi pertarungan akhir merebut Juara Umum. Inilah Battle of The Best yang ditunggu offroader nasional.

Penunjukan lokasi di Lahat tentunya tak lepas dari andil H. Aswari Riva’i, Ketua Pengda IOF Sumatera Selatan. Kebetulan Aswari juga Bupati Lahat dua periode, dukungan semakin kuat.

“Kita ingin offroader Lihat Lahat. Sasarannya kunjungan ke Kabupaten Lahat bisa meningkat,” sebut offroader yang biasa disapa Kak Wari ini.

Menariknya, ada dua event sekaligus digelar Cendrawasih Bungsu Sport Club. Selain Seri ke-4 IOFNC, juga dihelat Battle of the Best selama 4 hari, Kamis-Minggu, 8-11 Desember 2016. Rabu (9/11).

“Dua bentuk kegiatan kompetisi dengan menggunakan Special Competition Stage yang sama namun dengan hasil terpisah sesuai dengan format masing-masing kejuaraan,” jelas Fion Kamil yang bakal bertindak sebagai Pimpinan Perlombaan.

Artinya, peserta dapat memilih salah satu atau ikuti kedua kejuaraan tersebut. Untuk IOFNC, Kejuaraan Nasional dengan sistem seri, dimana setiap kejuaraan seri dibuat terbuka untuk diikuti siapa saja. Ada dua kategori kelas, yaitu Pro dan Rookie.

“Masing-masing seri memperebutkan hadiah dan trophy,” tambah Fion yang didatangkan dari Jakarta.

Caranya, akumulasi standing point kejuaraan diambil dari 2 poin terbaik, bisa dari seri pertama sampai ketiga, lalu ditambah poin seri akhir yang wajib diikuti kompetitor.

“Dipastikan Lahat akan dipenuhi para offroader,” semangat Aswari yang pengalaman ikuti event nasional.

Battle of the Best bakal memainkan 12 SCS yang terbagi 3 sesi waktu perlombaan. Rincinya, SCS 1-4 adalah sesi eliminasi 1 untuk Kejuaraan Battle of the Best. Sedangkan SCS 5-8 menjadi eliminasi kedua. Baru SCS 9-12 akan menjadi sesi final yang diikuti 20 peserta terbaik. Hanya peserta terdaftar saja yang dapat mengikuti rangkaian lomba sesuai hasil eliminasi. Nah, final IOFNC seri 4 bakal main di SCS ganjil yaitu 1, 3, 5, 7 dan 9. 

“Semua peserta IOFNC seri 4 berhak untuk bermain pada SCS tersebut tanpa ada eliminasi,” ulas Fion yang ditunjuk menjadi Konsorsium Direktur.

Yaps! Kabupaten Lahat yang memiliki semboyan Seganti Setungguan bakal diramaikan offroader nasional. Kaki Bukit Serelo di Lahat yang memiliki bentuk unik seperti jempol menjadi lokasi SCS, kompetisi terberat offroader meraih waktu tercepat dengan tingkat kesalahan terkecil agar meraih poin tinggi. Jangan ketinggalan ikuti ajang bergengsi dan terbesar ini.

Menariknya, di lokasi masyarakat setempat menyiapkan rumah-rumah mereka untuk home stay para navigator dan crew untuk menginap.

“Kebetulan Desember barengan dengan musim durian. Peserta bisa menikmati durian Lahat yang lezat,” ujar Aswari mengundang selera (Prima)