HAB, Gelar Jalan Santai Kerukunan

PAGARALAM,  Ampera Sumsel – Untuk lebih mematangkan persiapan menghadapi peringatan Hari Amal Bakti (HAB) (Kemenag) ke-71 tahun 2017, Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Kota Pagaralam menggelar rapat pemantapan dengan seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kakemenag Kota Pagaralam, kemarin. Rabu (30/11)

Kepala Kakemenag Kota Pagaralam, H Win Hartan SAg MPdI, melalui Kasubag TU, Drs H Ahmad Nizom MPdI mengatakan, rapat koordinasi yang melibatkan pegawai di lingkungan Kakemanag Kota Pagaralam, mulai dari Kepala Seksi, Kepala KUA dan Kepala Madrasah, tak lain sebagai bentuk persiapan dan pemantapan pelaksanaan peringatan HAB Kemenag ke-71 di Kota Pagaralam.

“Tujuan kita mengadakan peringatan HAB Kemenag, pertama untuk ajang silaturrahmi antar pegawai di lingkungan Kemenag, kedua sebagai bentuk rasa memiliki Kemenag. Untuk itu, pada peringatan HAB Kemenag ke-71 tahun 2017, kita telah merancang beberapa agenda kegiatan yang ditujukan untuk memeriahkan HAB Kemenag di Kota Pagaralam,” jelas Nizom.

Pelaksanaan peringatan HAB Kemenag sendiri, kata Nizom, jelas akan dilaksanakan secara sesederhana mungkin, sesuai surat edaran Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B-775/IJ/HM.01/11/2016 tentang penyelenggaraan HAB Kemenag, yakni melaksanakan HAB Kemenag secara sederhana dan tidak mengganggu keuangan satuan kerja pada Kementerian Agama.

“Menggunakan anggaran yang terjangkau, berasal dari sumber yang sah, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, membuat dan memasang spanduk pembangunan zona integritas di masing-masing satuan kerja Kementerian Agama, menerapkan pelaksanaan Undang-undang No.20 tahun 2001, tentang perubahan atas Undang-undang No.31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Khususnya pasal 12B sebagai pedoman untuk menghindari terjadinya gratifikasi, dalam pelaksanaan HAB dan pelaksanaan tugas pada masing-masing satuan kerja Kementerian Agama,” paparnya.

Disinggung mengenai rangkaian kegiatan diadakan di peringatan HAB kemenag ke-71 tahun 2017, diterangkan Nizom, dimulai jalan santai kerukunan tanggal 24 Desember 2016, dengan mengambil start di Simpang Padang Karet hingga menuju MTs Negeri Jambat Balo Kota Pagaralam, dilanjutkan dengan lomba voli.

Setelah itu, pada tanggal 31 Desember – 1 Januari 2017, diadakan studi banding ke Kakemenag Kaur, serta terakhir ditutup dengan puncak resepsi peringatan HAB Kemenag ke-71, bertempat di Gedung Balai Kota, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan.

“Harapan kita, melalui peringatan HAB Kemenag ke-71, meski sederhana tapi meriah, terjalin rasa kekeluargaan, silaturrahmi antar pegawai, guru, tenaga honorer dan pensiunan Kemenag di lingkungan keluarga besar Kakemenag Kota Pagaralam,” harapnya. (Dian)