Siapkan 1000 Cangkir Kopi Gratis

/// Iven Eksebisi Kopi & Trading Kopi

 

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Untuk mematangkan pergelaran iven Eksebisi Kopi & Trading Kopi yang rencananya akan dihelat pada tanggal 17 Desember 2016 mendatang, Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Pagaralam melakukan Audiensi dengan Walikota Pagaralam Senin (5/12). 

Bertempat di Rumah dinas Walikota Pagaralam, para peserta audiensi tersebut diterima langsung oleh Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati MKes, beserta dengan kepala Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwasata, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar.

Wako menyambut baik rencana dari Akumindo yang ingin menyelenggarakan iven tersebut, sebab usaha yang dilakukan tersebut mendukung pemerintah dalam mempromosikan Kopi, yang menjadi komoditi unggulan Kota Pagaralam.Dengan harapan, ke depan Kopi Pagaralam dapat menembus pasar luar, yang sebelumnya selama ini hanya terbatas di pasar lokal.

“Kita mengapresiasi Akumindo yang ingin menyelenggarakan iven tersebut, iven ini merupakan upaya Akumindo membantu pemerintah dalam mempromosikan kopi Pagaralam kepada para pengusaha, buyer,serta pengamat kopi, yang akan hadir pada iven tersebut.Diharapkan, setelah iven tersebut Kopi Pagaralam semakin dikenal luas,” ujarnya.

Selain Akumindo, Walikota juga akan melibatkan 26 petani binaan Pemerintah Kota Pagaralam, sehingga nantinya dalam iven tersebut para pengusaha, buyer,serta pengamat kopi, yang hadir pada iven tersebut dapat bertanya langsung bagaimana proses pengolahan kopi tersebut dari awal.

“Kita akan menyiapkan ke 26 petani ini agar nantinya dapat gayung bersambut, dengan promosi yang dilakukan oleh Akumindo. Dan juga petani binaan ini sudah belajar bagaimana bertani secara modern, tidak lagi menggunakan sistem konvensional,” jelas Wako Ida.

Mengenai single brand Kopi Pagaralam, Walikota mengatakan bahwa untuk brand Kopi ini akan dilakukan secara bertahap. Sebab UMKM serta pengusaha Kopi cukup banyak di Pagaralam, sehingga masih butuh sosialisasi agar nantinyasingle brand Kopi Pagaralam ini dapat terlaksana.

“Single brand Kopi Pagaralam akan dilakukan secara bertahap, sebab banyak UMKM serta pengusaha kopi di Pagaralam. Kita harus meningkatkan kualitas Kopi tersebut, agar nantinya singlebrand Kopi Pagaralam dapat menembus pasar lokal,” ujarnya.

Ketua Akumindo Pagaralam, Hendi Romiko SE, didampingi Weni Bastian, selaku Bendahara mengatakan, digelarnya Eksebisi Kopi dan Trading Kopi tak lain mempromosikan produk andalan Pagaralam. Dalam iven tersebut akan dihadiri sekitar 40 tamu undangan, baik itu sejumlah buyer dari kalangan pebisnis, mulai dari pengusaha restoran, warung kopi, bahkan hotel yang ada di wilayah Sumsel.

“Dalam iven tersebut akan ditampilkan Kopi Pagaralam, baik dari biji kopi yang masih belum diolah sampai menjadi kopi yang telah siap berupa bubuk. Selain itu, dalam  iven tersebut nantinya Akumindo juga mempersiapkan 1.000 cangkir kopi gratis kepada para tamu yang hadir,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM dan PP) Kota Pagaralam, Drs Marjohan MPd mengatakan, iven pengenalan produk ini sangat perlu dilakukan, guna mengenalkan Kopi Pagaralam untuk menembus pasaran lokal.

“Diharapkan, dengan adanya ivenini, para pengusaha, buyer,serta pengamat kopi yang akan hadir pada iven tersebut dapat tertarik dengan kopi Pagaralam, dan dapat bekerjasama serta tertarik untuk menanamkan modal, baik itu kepada petani maupun kepada para pelaku UMKM yang ada di Kota Pagaralam,” pungkasnya.(Dian)