Harga Cabe Keriting Dipasar Naik

LAHAT, Ampera SumselĀ – Kenaikan harga cabe merah kriting dan cabe biasa belum lama ini membuat Ardan (53) salah satu pedagang cabe di pasar tradisional modern (PTM) serelo lahat menafik hal tersebut. Sebab kata ardan kenaikan cabe juga di sebabkan oleh oknum pedagang yang nakal saat stok kosong.

” Waktu stok cabe kosong terkadang oknum pedagang yang nakal dengan mejual stok yang ada dengan harga tinggi,” kata Ardan saat dijumpai Kamis (15/12).

Oknum pedagang yang nakal inilah yang terkadang membuat kenaikan harga dalam hitungan beberapa hari. Kenaikan dalam waktu singkat inila terkadang mencapi harga Rp. 80.000 cabe di pasaran.

” Memang harga cabe saat ini kemungkinan untuk mencapai harga stabil susah. Akan tetapi kenaikannya pun sebenarnya masih dalam kata gori wajar,” jelas Ardan yang sudah 8 tahun megeluti profesi ini.

Kewajaran Ardan selaku pedagang tentang kenaikan harga cabe. Ia menjelaskan cuaca adalah paktor yang paling berpengaruh.Sebab,petani cabe kewalahan dalam urusan panen. Dengan cuaca hujanpun terkadang panen cabe tidak pada waktu yang tepat.

” Otomatis law hujan terus menerus memaksa cabe di panen.jika tidak di takutkan nantinya akan membuat cabe busuk sebelum waktu panen tiba,” Ungkapnya. (Prima)