‎Tuangkan Ide dan Kreatifitas “Lomba Design Motif Batik”

LAHAT, Ampera Sumsel – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lahat, Hj RR Kurnia Sismartianti Aswari mengatakan, dalam lomba design motif batik khas Lahat ini merupakan peluang menuangkan ide-ide sekaligus kreatifitas dalam menciptakan pola atau alur.

“Dengan demikian, apa yang telah dituangkan tersebut mampu memperkenalkan batik kepada masyarakat dan generasi muda, bahwasanya Kabupaten Lahat memiliki batik tersendiri,” katanya, Selasa (20/12).

Tujuannya sendiri?”Menggali ide kreatif dari masyarakat untuk mendesign motif batik, meningkatkan kecintaan dan kepedulian terhadap pelestarian budaya bangsa, dan terciptanya pola bercirikan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Lahat,” ungkap Hj Sismartianti.

Hj Sismartianti menambahkan, apa yang telah dituangkan dalam pola tersebut, kemudian di tindak lanjuti membuat baju, selendang, pasti corak-corak khas Lahat seperti, Bukit Jempol, Tugu Simpang, Rumah Adat, Megalith dan kopi.

“Dengan diadakan kegiatan ini akan dapat menghasilkan motif batik yang menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Seganti Setungguan,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, H Nasrun Aswari SE MM didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag), Fikriansyah SE Msi menyampaikan, motif batik yang didesign oleh anak-anak muda ini siapa tahu memang layak ditampilkan pada seragam ataupun pakaian kerja sehari-hari.

“Tentunya hal ini akan menjadi kebanggaan bagi yang bersangkutan, apabila hasil karya dan kreatifitas diperuntukkan dalam corak pakaian seragam Abdi Negara di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat,” jelasnya seraya mengungkapkan, telah ambil bagian dalam upaya pelestarian batik sebagian hasil warisan budaya bangsa Indonesia. (Ac Milan)