Home / SUMSEL RAYA / Lahat / ‎Berantas Pungli, Pemkab Lahat Bentuk Unit Satgas Saber

‎Berantas Pungli, Pemkab Lahat Bentuk Unit Satgas Saber

LAHAT, Ampera Sumsel – Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE menyatakan, bahwasanya praktek pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, atas pertimbangan tersebut, maka pemerintah memandanf perlu melakukan upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera.

“Pembentukan unit satgas saber pungli ini, tentunya dapat memerangi dengan mengoptimalkan secara efektif dan efisien, pemanfaatan personil, sarana dan prasarana serta satuan kerja yang ada,” katanya, Kamis (29/12).

Ia menuturkan, susunan personil terdiri dari berbagai unsur yakni, TNI, polri, kejaksaan negeri, pengadilan negeri dan pemerintah daerah (pemda).

“Diharapkan tidak menjadi suatu hambatan dalam operasinalisnya, akan tetapi menjadi suatu kekuatan melalui koordinasi yang baik serta dukungan dari pimpinan masing-masing unit,” ujar H Aswari.

Wewenang yang dimilik satgas saber pungli diantaranya, membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, melakuak pengumpulan data dan informasi dari kementerian/lembaga dan pihak lain terkait dengan menggunakan teknologi informasi, mengoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungli.

Kemudian, melakukan operasi tangkap tangan (OTT), memberikan rekomendasi kepada Bupati untuk sanksi kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, melakukan evaluasi pemberantasan pungli serta memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas unit saber pungli di setiap instansi penyelenggara pelayanan publik kepada pimpinan SKPD.

H. Aswari mengemukakan, kepada personil mampu memberikan keteladanan merupakan hal utanma akan menentukan keberhasilan unit ini, dan apabila personilnya terlibat sulit bagi satgas memberantas.

“Kita semua berharap unit ini nantinya tidak hanuya sekedar formalitas dan ceremonial saja, tetapi, harus mampu berkontribusi nyata, hingga pungli benar-benar habis,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Lahat, AKBP Rantau Isnur Eka Sik menghimbau, kepada seluruh personil agar menjalankan sebaik mungkin dalam memberantas pungli.

“Hal ini tidak perlu dijabarkan lagi, jalankan sebaik mungkin unit satgas saber pungli ini,” pungkasnya (Prima)

Check Also

PENANGKAPAN PENIMBUN GAS MELON OLEH POLRES LAHAT DIAPRESIASI YLKI

Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, Sanderson …

DPD II PARTAI GOLKAR LAHAT SEMARAKKAN HUT GOLKAR KE-56 SECARA VIRTUAL

  Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Setelah melakukan serangkaian kegiatan Perayaan HUT ke-56 Partai Golkar tahun …

POLRES LAHAT KEMBALI AMANKAN PELAKU PENIMBUN GAS MELON

Laporan : Dafri   GEMAS – LAHAT Jajaran Polres Lahat, dalam hal ini Polsekta Lahat …

YA DIDUGA PENIMBUN GAS MELON DIAMANKAN POLRES LAHAT

Laporan : Ujang GEMAS – LAHAT Penegakan peraturan tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Gas Melon …

POLRES LAHAT AMANKAN TERDUGA PENIMBUN GAS MELON

Laporan : Dafri   GEMAS – LAHAT Disaat masyarakat Kabupaten Lahat sibuk mencari isi ulang …