Bupati Muara Enim Lantik 848 Pejabat Baru

MUARA ENIM, Ampera Sumsel– Sebanyak 848 orang yang terdiri dari Eselon II/a 2 orang, Eselon II/b 34 orang, Eselon III/a 69 orang, Eselon III/b 128 orang, Eselon IV/a 544 orang, Eselon IV/b 72 orang, dilantik Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Sabtu (31/12/2017).

Muzakir melakukan peresmian perangkat daerah, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemkab Muara Enim.

Terlihat banyaknya pejabat yang dilantik tidak mengikuti sumpah dan janji ini di sebabkan karena kondisi tempat pelantikan yakni Gedung Kesenian Putri Dayang Merindu Muara Enim yang di nilai terlalu kecil untuk dijadikan tempat pelantikan dikarenakan yang dilantik berjumlah 848 orang.

Ratusan PNS baik yang di lantai dasar maupun yang berada lantai II tampak duduk duduk, merokok maupun mengobrol dengan sesama PNS lainnya dan tak mengikuti pengambilan dan pengucapan sumpah dan janji.

Salah satu seorang PNS yang sempat kami wawancarai diluar Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Mengatakan “Seharusnya untuk mengadakan acara pelantikan ini yang berjumlah ratusan orang jangan memakai gedung Kesenian Putri Dayang Rindu ini, dikarenakan terlalu kecil, jangankan mau berdiri, bernafas saja rasanya sesak didalam makanya kami duduk ke luar.

Bupati Muara Enim Ir.H.Muzakir Sai Sohar Menjelaskan “Acara ini merupakan tindak lanjut berlakunya peraturan pemerintah no 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah dan Perda Kabupaten Muara Enim nomor 2 tahun  2016 tentang susunan perangkat daerah.

Lanjutnya ”Dengan berlakunya PP.No.18/2016 dan Perda Pemkab Muara Enim nomor 2 tahun 2016, maka terjadi penyerahan  kewenangan urusan ke pemerintah provinsi dan pusat, perubahan nomenklatur SKPD, penggabungan SKPD, peningkatan status SKPD dan lahirnya beberapa SKPD.

“Pengukuhan dan pelantikan sengaja dilakukan pada 31 Desember 2016 dengan pertimbangan adanya kewajiban kepala SKPD untuk menyelesaikan tugas pertanggung jawaban pengelolaan keuangan SKPD dan penyusunan keterangan pertanggung jawaban bupati Muara Enim tahun 2016. “ungkapnya.

Muzakir menambahkan “Pelantikan dan pengambilam sumpah jabatan ini harus dijadikan momentum untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi lebih baik lagi. Dengan adanya perubahan tersebut, saya minta agar pejabat yang mengalami pergeseran dapat segera dapat menyesuaikan diri dan memahami tugas pokok serta fungsinya, terutama tugas tugas pelayanan kepada masyarakat. “pungkasnya.

(Prima)