Wagup Buka Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar Se -kota Palembang

PALEMBANG, Ampera Sumsel – Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki secara resmi membuka kejuaraan Pencak Silat antar pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Kota Palembang tahun 2017, di gedung serbaguna SMA Negeri 5 Palembang, Kamis (5/1).

Kegiatan yang berlangsung 5 sampai 8 Januari 2016 ini, merupakan wujud realisasi pembinaan prestasi olahraga Sumsel khusus dilingkungan pelajar, dengan tujuan sebagai langkah awal rekrutmen atlet dan pelatih serta sebagai penggerak kalangan pelajar untuk berolahraga sehingga terhindar dari bahaya Narkoba.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan juga pelantikan kepengurusan Ekstra Kulikuler Pencak Silat SMAN 5 Palembang masa bakti 2016-2017 oleh kepala sekolah SMAN 5 Palembang, Sumin Eksan S.pd MM. Nampak hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel, Akhmad Yusuf Wibowo, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel serta Perwakilan KONI Kota Palembang.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyambut baik kegiatan ini serta mengapresiasi SMAN 5 Palembang sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Menurut Ishak, kejuaraan ini sebagai ajang penjaringan serta peningkatan prestasi Atlet Pencak Silat Sumsel menghadapi event yang lebih tinggi baik regional maupun nasional.

“Selamat bertanding dengan berpegang tuguh pada nilai luhur olahraga agar dapat mempersembahkan prestasi terbaik, ” ungkapnya.

Ishal Mekki menambahkan, pencak silat merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah tumbuh dan berkembang kemanca negara. Seni beladiri ini, kata Ishak, secara luas dikenal di Indoensia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, dan Thailand sesuai penyebaran suku bangsa melayu nusantara. ” Ini semua salah satunya berkat peranan para pelatih Indonesia, sehingga dunia telah mengenal olahraga Pencak Silat,”ujar Ishak Mekki.

Kontingen kejuaraan pencak Silat ini meliputi 73 sekolah, terdiri dari 26 kontingen SMP/MTs, dan 47 Sekolah kontingen SMA/SMK/MA se-Kota Palembang. Total peserta sebanyak 401 orang terdiri dari peserta SMP/MTs sebanyak 164 orang, peserta SMA/SMK/MA sebanyak 237 orang, serta jumlah Official dan Manager sebanyak 136 orang.

Masing-masing kategori dalam kejuaraan ini memperebutkan Piala tetap, Piagam penghargaan dan uang pembinaan. Selain itu, bagi pesilat terbaik putra dan putri juga diberikan Piala tetap, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Sementara, Untuk memeriahkan pembukaan ini pihak panitia menghadirkan penampilan dari tim cheers, tim Tari, Paskib, PKS, Bujang Gadis SMANLEE, PMR, serta tim Pencak Silat yang berasal dari Siswa/Siswi SMAN 5 Palembang. Tema yang diusung yakni ‘Fight For Pride To Be A Champion’ dimaksudkan agar para pesilat mempunyai semangat kebangsaan dan menjujung tinggi sportivitas dan meraih gelar juara.

(Laporan Humas Pemprov)

(Editor : Andre Joda)