Tentukan Grade, PP IMI Lakukan Track Inspection ke Sirkuit Cendrawasih Bungsu Lahat

LAHAT, Ampera Sumsel – Rombongan PP Ikatan Motor Indonedia (IMI) yang dipimpin Medya Saputra selaku wakil ketua umum bidang roda melakukan track inspection ke sirkuit Cendrawasih Bungsu di desa Manggul, Lahat, Sumatera Selatan, sabtu (7/1).

Medya yang didampingi desainer sirkuit Anthony Sarwono dan beberapa pengurus Pengprov IMI Sumatera Selatan melakukan peninjuan ke sirkuit sepanjang 1,5 km yang segera akan dilakukan pengaspalan itu.

“Kami perlu melakukan track inspection untuk memberikan masukan yang konstruktif bagi penyelesaian proyek sirkuit milik Pak Bupati Aswari Rivai ini. Apalagi tahun 2017 ini akan ada program IMI untuk sertifikasi sirkuit yang sudah menyebar di beberapa kota di Indonesia,” ujar Medya.

Untuk itu, lanjut Medya, perlu dilakukan homologasi bagi 28 sirkuit yang sudah jadi maupun yang sedang dalam progress pembangunan.

“Homologasi sirkuit tersebut dimaksudkan untuk menentukan grade sirkuit tersebut. Grade tertinggi adalah A di mana sudah bisa digunakan balapan kelas Supersport  600 cc  dan balap mobil. Sedang terendah Grade E yang hanya bisa digunakan untuk klub event balap kelas bebek dan matic,” sambung Medya.

Grade mana yang akan didapatkan sirkuit Cendrawasih Bungsu ini baru akan ditentukan setelah dilakukan revisi dan perbaikan di beberapa tempat yang Kamis siang sudah ditinjau.

H Aswari Rivai SE selaku pemiliki sirkuit tidak secara tegas menginginkan grade apa karena menurut beliau sementara dengan lahan dan dana yang ada, sirkuit ini diharapkan sudah bisa digunakan untuk event balap pada Maret 2017.

“Sambil melihat kemungkinan selanjutnya untuk pengembangan sirkuit dalam rangka mendapatkan Grade yang lebih baik. Dengan kondisi yang ada sekarang diharapkan sirkuit akan masuk Grade C,” ujar Kak Wari, sapaan karib Pak Bupati Lahat minggu (8/1)

Yang jelas, nantinya jika sirkuit telah rampung bisa dipakai ajang balap motor, drag bike, drag race, supermoto, gokart, drifting hingga slalom karena memiliki trek lurus hingga 450 meter dengan lebar hingga 16-18 meter.

Ayo siap-siap gas pol di sirkuit baru milik calon Gubernur Sumsel nih. (prima/Budisan)