3 Bulan Evaluasi Penyerapan Anggaran SKPD

PAGARALAM, Ampera Sumsel – Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes menegaskan, akan melakukan evaluasi tiga bulan sekali terhadap sejauh mana penyerapan anggaran yang sudah dilaksanakan di tiap SKPD di lingkungan Pemkot Pagaralam. Selasa (10/1). 

Menurut Ida, realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Pagaralam tahun 2017 harus mencapai target yang ditetapkan. Buktinya, penyerapan anggaran atau penggunaan APBD tahun lalu saja sudah cukup baik, di atas 80 persen dari total Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung. “Penyerapan anggaran sudah cukup baik oleh SKPD, meski banyak anggaran kegiatan yang dibatalkan karena adanya pengurangan anggaran beberapa waktu lalu,” terangnya.

Untuk itu, dirinya kata Ida, meminta SKPD segera merealisasi penyerapan anggaran yang sudah ditargetkan, paling lambat mulai Febuari 2017 mendatang. “Jangan sampai tertunda untuk membiayai kegiatan, sekaligus dapat disalurkan, demi kepentingan publik dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Lebih jauh dikatakan Ida, untuk meningkatkan penyerapan anggaran, harus mengambil langkah stategis, salahsatunya rutin mengadakan evaluasi penyerapan aggaran bagi semua SKPD di lingkungan Pemkot Pagaralam per triwulan, termasuk memberikan evaluasi kinerja dan pembinaan bagi SKPD yang memiliki penyerapan anggaran paling rendah.

“Khusus SKPD yang penyerapan anggaran rendah, akan kita minta penjelasan dan kendala apa yang dihadapi di lapangan untuk dicarikan solusi terbaik, agar mendekati akhir tahun dapat tercapai sesuai target,” pungkasnya. (Dian)