2017, Pemkot Pagaralam Programkan Restocking Ikan

PAGARALAM, Ampera Sumsel – Mengantisipasi agar populasi ikan di sejumlah perairan umum merosot, Pemkot Pagaralam melalui Balai Benih Ikan, akan melakukan restocking. Menebar ratusan ribu ekor bibit ikan jenis Nila, baik di sungai-sungai dan tebat (kolam umum, red). “Agar populasi ikan tetap terjaga, disiapkan ribuan ekor bibit ikan untuk kita sebar di perairan umum, tersebar di lima kecamatan yang ada,” ujar Kepala BBI Kota Pagaralam, Okta. Jumat (13/1). 

Dalam restocking ini, juga pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sejumlah kolam-kolam pribadi milik mereka. “Kita juga mengharapkan agar mereka bisa menggarap dengan serius membudidayakan ikan di kolam-kolam mereka. Sasarannya, selain bisa untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan sehari-hari, juga potensi untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” ajak Okta.

Saat ini keberadaan kolam ikan yang ada di Pagaralam mencapai sangat banyak dengan ukuran bervariasi, tersebar di lima kecamatan. “Potensi kolam milik masyarakat ini jika digarap serius bisa berpotensi mendukung Pagaralam memenuhi kebutuhan konsumsi ikan sendiri, dan tidak lagi mengandalkan pasokan luar,” ujarnya.

Diakuinya, untuk program swasembada konsumsi ikan, Disnakkan terus mengupayakan serangkaian program di bidang perikanan. Semisal pembinaan kepada petani dalam hal budidaya ikan, pemberian bantuan bibit. “Termasuk pembinaan kepada sejumlah unit pembenihan rakyat (UPR) yang ada, sehingga paling tidak kebutuhan bibit ikan bisa terpenuhi sendiri,” pungkasnya. (Dian)