Aswari Rivai Akui Memiliki Passion Di Motorsport Dan Olahraga Keras

LAHAT, Ampera Sumsel – Jangan paksa H. Aswari Rivai SE untuk berbasa-basi mencangkul di sawah atau ikut membajak sawah untuk pencitraan. Bupati Lahat, Sumatera Selatan ini pasti menolak. Karena tidak mau melakukan sesuatu yang tidak dibuat-buat, untuk sekadar menaikkan popularitas. Senin (16/1).

“Saya tidak mau melakukan pencitraan yang seperti itu. Karena itu bukan diskripsi saya. Passion saya ya di bidang sosial kemasyarakatan dan motorsport yaitu main offroad, motocross atau Harley-Davidson,” ujar Kak Wari, sapaan karib Aswari

Khusus untuk motorsport alias balap, diakuinya memang telah dilakukan sejak remaja, jauh sebelum menjadi pejabat (Bupati Lahat, periode kedua). Dan di situ kak Wari tak sekadar menyalurkan hobinya. Melainkan telah memikirkan untuk warganya terutama generasi mudanya.

Seperti dia membangun sirkuit Cendrawasih Bungsu yang sekarang dalam proses penyelesaian. Dibelain memanfaatkan tanah pribadinya, dan diongkosi sendiri. Nantinya kalau sudah rampung –diperkirakan Maret 2017, bisa dipakai aktifitas anak muda di Lahat.

“Jadi utamanya memang untuk balap motor, drag bike, drag race, slalom, drifting hingga supermoto, tetapi juga untuk menampung kegiatan generasi muda di Lahat dan sekitarnya,” tutur Kak Wari yang seorang atlet kempo dan taekwondo ini.

Seabreg kegiatan motorsport dan olahraga pada umumnya sering digelar di Lahat. Bahkan Kejurnas tinju pun pernah diselenggarakan di Lahat. Kak Wari juga pernah menggelar kejuaraan motocross Asia di Palembang, September 2015.

Terakhir, dia yang menjabat sebagai ketum IOF Sumatera Selatan menggelar grand final IOF National Championship di kawasan bukit Salero, yang sangat sukses dengan diikuti para juara nasional.

“Kalau saya sekarang lagi membangun mobil offroad, ya itu juga bagian dari passion. Basicnya jeep Cherokee. Power nggak perlu besar. Kan lebih ke adventure. Ya nanti ikut offroadnya kalau nggak bentrok dengan jadwal kedinasan,” pungkas calon Gubernur Sumsel ini. (Budsan/Prima)