Home / SUMSEL RAYA / Pagar Alam / Kota Pagaralam Agendakan even Wisata Andalan

Kota Pagaralam Agendakan even Wisata Andalan

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Meningkatkan kunjungan wisatawan, baik regional maupun mancanegara, Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), sudah mengagendakan serangkaian kalender iven wisata yang menjadi andalan.

“Serangkaian kalender even wisata yang sudah diagendakan dan menjadi andalan, yakni jelajah alam Besemah motor trail, festival kopi pada Oktober 2017 mendatang, juga kalender wisata Besemah Expo Juni mendatang, bertepatan dengan HUT Kota Pagaralam dan objek wisata bersifat keilmuan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pagaralam, Samsul Bahri Senin (16/1).

Even wisata tahunan kata Samsul juga didukung pihak ketiga sebagai penyelenggaran berbagai kegiatan. “Intinya, lebik baik satu iven yang menjadi andalan, tapi berisi,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, secara bertahap konsep penataan kawasan wisata mulai dilakukan, termasuk pengembangan kawasan dempo park yang perlu dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang. Seperti patung tari kebagh, kantung parkir, outlet souvenir dan lainnya.

“Untuk objek wisata di luar milik pemerintah, atau milik masyarakat, tetap akan kita bina secara bertahap untuk mengembangkan kepariwisataan Pagaralam sebagai destinasi nasional dan mancanegara,” katanya.

Sementara, di lain sisi, dalam meminimalisir praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan objek wisata, pihaknya kata Samsul mengeluarkan kebijakan menggratiskan bagi siapapun pengunjung yang masuk objek wisata, khususnya di puncak Rimau. Kebijakan ini mulai diberlakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurutnya, kebijakan ini dampak dari banyaknya laporan maupun keluhan masyarakat yang berkunjung di Kota Pagaralam menemukan masih banyak praktik pungutan retribusi liar, yang dinilai sangat merugikan dilakukan oknum tidak bertanggungjawab.

“Kita meminta kepada aparat kepolisian dan Sat PolPP untuk segera menindak secara tegas pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan cara melakukan praktik pungutan liar retribusi di kawasan objek wisata, demi kenyamanan pengunjung,” kata Samsul.(Dian)

Check Also

KEDAI PEMPEK FIRA SEDIAKAN MENU BARU PINDANG MERANJAT

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Pempek Fira yang selama ini dikenal dengan menu andalan …

DALAM MENJAGA KESTABILAN HARGA, PEMKOT PAGARALAM ADAKAN PASAR TANI

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Adanya pasar tani yang menampung harga jual Hortikultura petani …

WAKO PAGARALAM LANTIK 161 ASN DI LINGKUNGAN PEMKOT

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni,SH Kamis 01/10/2020 Lantik dan …

WAKO PAGARALAM : TIDAK ADA TAWAR MENAWAR BAGI TAK MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Setelah terbentuknya Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 …

WAKO PAGARALAM PRAKTEKKAN LANGSUNG CARA STEAK KOPI

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH melakukan Steak Perdana kopi …