PSHT Kota Pagaralam Buka 11 Sub Rayon

PAGARALAM, Ampera Sumsel – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Pagaralam,kembali melebarkan sayap. Sejak struktur kepemimpinan baru, telah membuka sebanyak 11 Sub Rayon di sejumlah Sekolah SD, SMP, SMA Sederajat dan Perguruan Tinggi di Kota Pagaralam.

Ketua Pembina PSHT Cabang Kota Pagaralam, Drs Marjohan Derah MPd,didampingi Wakil Ketua II Bidang Kepelatihan, Kasimun mengatakan, PSHT Cabang Pagaralam telah membuka sebanyak 11 Sub rayon, yang tersebar baru di empat Kecamatan.

Di antaranya Kecamatan Dempo Utara, Kecamatan Pagaralam Utara, Kecamatan Pagaralam Selatan dan Kecamatan Dempo Tengah. Pembukaan sub rayon merupakan permintaan dari kepala sekolah, agar PSHT dapat menjadi salahsatu ekstra kurikuler (Ekskul) baru di sekolah.

“Sudah banyak sekolah yang meminta PSHT menjadi salahsatu ekstra kurikuler di sekolah. Akan tetapi tidak bisa langsung dilakukan, kita juga harus memperhitungkan kesiapan dari pelatih, dan juga melihat minat dari peserta yang mendaftar,” ujar Marjohan di sela membuka membuka 3 Sub Rayon baru, yaitu sub rayon SD Negeri 16 dan SDN 46 Kota Pagaralam, serta SMA Negeri 1 Kota Pagaralam, selasa (17/1).

Diakui Marjohan, yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam, PSHT lebih menonjolkan persaudaraan antar sesama warga PSHT. Juga dalam pergelaran Porkot cabang pencak silat, PSHT keluar sebagai juara umum.

“Selain latihan jurus dan fisik, PSHT juga mengutamakan persaudaraan antar sesama murid dan juga guru. Dalam waktu dekat, PSHT Cabang Kota Pagaralam akan mengadakan ujian kenaikan tingkat secara serentak,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pagaralam, Suniar SPd MPd mengungkapkan, melalui kegiatan ekstra kurikuler baru ini dapat membentuk akhlaq, fisik mental maupun kejiwaan pelajar yang terlatih, tidak mudah emosional dalam menghadapi berbagai persoalan.

“Kegiatan ini sangat positif, dapat meminimalisir perilaku negatif pelajar. Berharap memberikan kontribusi nyata, mencetak atlet beladiri pencak silat. Sejauh ini sudah terdaftar sebanyak 159 pelajar SMAN 1 Pagaralam bergabung pelatihan PSHT,” pungkasnya. (Dian)