Home / SUMSEL RAYA / Pagar Alam / Rusa Totol “Diuculkah” di Komplek Villa MTQ Gunung Gare

Rusa Totol “Diuculkah” di Komplek Villa MTQ Gunung Gare

PAGARALAM, Ampera Sumsel – Daya tarik wisata baru Kota Pagaralam terus bertambah. Kali ini, sedikitnya 9 dari 20 rusa yang dihibahkan dari Pemerintah Pusat telah tiba. Rusa tersebut sampai dengan selamat setelah menempuh perjalanan panjang dari Istana Bogor hingga ke Kota Pagaralam. ‎Rusa tersebut langsung ‘diuculkah’ (dilepaskan) ke dalam kandang yang telah disediakan di komplek Villa MTQ Gunung Gare.

Pantauan di lapangan, kendaraan yang membawa sembilan ekor rusa, tiba sekitar pukul 16.00 WIB, kemudian dilepas dan disaksikan langsung Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni Mkes.

“Rusa yang ada di‎ Istana Bogor sudah melebihi kapasitas. Alhasil, dari 20 permohonan yang diajukan, baru sembilan terpenuhi. Semua rusa tiba dengan selamat. Kedatangan rusa totol ini, pastinya akan menjadi daya tarik wisata baru bagi Kota Pagaralam,” ujar Ida.

Saat ini kata Ida, untuk wisatawan, keberadaan rusa belum dibuka dengan leluasa. Pasalnya, dengan perjalanan jauh dari Bogor sampai ke Kota Pagaralam rusa totol butuh penyesuaian diri dan istirahat. Dikhawatirkan dengan banyaknya pengunjung, bisa mengganggu proses adaptasi.

Ditambahkan Pj Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan, Benny Maulana yang mengawal keberangkatan rusa dari Istana Bogor hingga Kota Pagaralam mengatakan, untuk mendatangkan rusa totol ini cukup sulit. Pasalnya, sekitar tiga pekan lalu, pihaknya sudah berusaha menangkap, tetapi hanya dapat satu, sehingga menunggu rusa totol dapat dengan cara dijebak kedalam kerangkeng yang dipancing dengan makanan. “Rusa totol ini kami bawa menggunakan truk menggunakan jalur darat dari Bogor sampai Pagaralam,” ujar Benny.

Sisanya kata Benny menunggu terpenuhinya permintaan dari empat daerah lain. Jika permintaan daerah lain sudah cukup, maka sisa 11 ekor untuk Kota Pagaralam baru akan dipenuhi.

“Dari sembilan ekor rusa totol, dua ekor jantan dan tujuh ekor betina dengan umur delapan sampai satu tahun,” ucapnya seraya menambahkan hingga kini populasinya sudah mencapai 852 ratus ekor di Istana Bogor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata  Kota Pagaralam, Samsul Bahri, didampingi Pengelola Besh Hotel mengatakan, objek wisata baru kandang rusa ini nantinya dibuka untuk umum, tanpa dipungut biaya masuk.

“Siapapun boleh melihat hewan ini. Menjaga kelestarian hewan rusa tetap dalam kondisi sehat, pengunjung dilarang memberikan makanan apapun di kandang rusa,” pungkasnya. (Dian)

Check Also

SATU DARI TIGA TERSANGKA PENGEDAR NARKOBA ADALAH OKNUM POLISI PAGARALAM

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Satuan Narkoba Polres Kota Pagar Alam berhasil mengungkap tindak …

KANIT PROVOS POLSEK PAU ISI KHOTBAH JUMAT DENGAN PROKES COVID-19

  Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Guna memutus mata rantai  virus Corona ( Covid …

ADINDA FILM SABET TIGA PENGHARGAAN DIAJANG FILM PENDEK DISPAR PAGARALAM

  Laporan : Aceng   GEMAS – PAGARALAM Pemerintah Kota Pagar Alam  melalui Dinas Pariwisata …

DINAS PUPR BINA MARGA PAGARALAM LAKUKAN PERBAIKAN JALAN GUNUNG

  Laporan : Aceng   GEMAS – PAGARALAM Terkait Pengerjaan Aspal dijalan gunung Kelurahan Suko …

WAWAKO PAGARALAM : PAHLAWAN ADALAH KEBANGGAAN SEPANJANG MASA

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Setiap tanggal 10 November Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional …