Home / SUMSEL RAYA / Pagar Alam / Berhasil Menata Prasarana Lalulintas dan Angkutan Jalan

Berhasil Menata Prasarana Lalulintas dan Angkutan Jalan

PAGARALAM, Ampera Sumsel – Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pagaralam kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Kali ini berhasil meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Penuh, untuk Kategori Kota Sedang dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla kepada Wakil Walikota Pagaralam, Novirzah Djazuli SEbertempat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Selasa (31/1).

Sebelum menuju istana Wakil Presiden,Wawako Pagaralam Novirzah beserta rombongan yakni Kapolres Pagaralam AKBP Pambudi, Kepala Dinas Perhubungan Paber Napitupulu beserta staf dinas perhubungan berkumpul di Kementerian Perhubungan di jalan Kebon Sirih, Jakarta.

Wakil Walikota Pagaralam, Novirzahmenuturkan, pihaknya sangat bangga dengan penghargaan yang diraih Kota Pagaralam kategori lalulintas untuk keempat kalinya ini. Terlebih lagi, Kota Pagaralam meraih penghargaan penuh sehingga kedepan merupakan tantangan untuk bekerja lebih baik lagi.

“Syukur alhamdulillah, piala WTN yang keempat kali berturut-turut masih kita raih. Penghargaan ini dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Pagaralam karena sudah tertib dalam berlalulintas,” ujar Novirzah. Rabu (1/2).

Adapun kriteria diraihnya penghargaan ini diantaranya rambu-rambu yang sudah terpasang, walau ada beberapa titik yang belum terpasang. Kemudian, terminal, dan uji emisi udara di UPTD Balai  KIR.“Kedepan pembenahan sejumlah indikator penilaian harus terus diperbaiki untuk mempertahankan WTN ditahun-tahunmendatang,” katanya.

Pagaralam masuk kategori KotaSedang Tertib Lalulintas. Ada beberapa daerah lain di Sumsel yang mendapatkan penghargaan serupa seperti Muara Enim,Kota Palembang, OKU Timur, OKI, Provinsi Sumsel dan lainnya. “Kita patut bangga dengan penghargaan ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Pagaralam, Paber Napitupulu mengatakan, berdasarkan surat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. KP 588 tahun 2016, tentang penerimaan Penghargaan Wahana Tata Nugraha, WTN adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perhubungan RI kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

“Penghargaan ini diberikan melalui penilaian yang dilakukan tim penilai WTN setahun sekali pada Kabupaten/kota yang terpilih. Salahsatunya, Kota Pagaralam yang dinilai berhasil menata PrasaranaLalulintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Disiplin Lalulintas dan lain sebagainya,” ujarnya.

Lebih jauh Ia mengatakan, jika penghargaan WTN tidak akan dapat diperoleh tanpa adanya kerjasama antara pemerintah dan instansi terkait lainnya, seperti pihak kepolisian yang proaktif dalam mengamankan dan menertibkan lalulintas serta seluruh lapisan masyarakat Kota Pagaralam, yang mendukung terciptanya disiplin dan tertib lalulintas.

“Piala WTN bukanlah suatu tujuan yang hendak dicapai, melainkan hanyalah suatu alat untuk memotivasi serta mengakselerasi kegiatan pembangunan sub sektor lalulintas dan angkutan jalan yang tertib, teratur, aman, nyaman dan selamat, dengan memperhatikan aspek penataan transportasi yang berkelanjutan serta berbasis kepentingan publik,” tandasnya. (Dian)

Check Also

KANIT PROVOS POLSEK PAU ISI KHOTBAH JUMAT DENGAN PROKES COVID-19

  Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Guna memutus mata rantai  virus Corona ( Covid …

ADINDA FILM SABET TIGA PENGHARGAAN DIAJANG FILM PENDEK DISPAR PAGARALAM

  Laporan : Aceng   GEMAS – PAGARALAM Pemerintah Kota Pagar Alam  melalui Dinas Pariwisata …

DINAS PUPR BINA MARGA PAGARALAM LAKUKAN PERBAIKAN JALAN GUNUNG

  Laporan : Aceng   GEMAS – PAGARALAM Terkait Pengerjaan Aspal dijalan gunung Kelurahan Suko …

WAWAKO PAGARALAM : PAHLAWAN ADALAH KEBANGGAAN SEPANJANG MASA

Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Setiap tanggal 10 November Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional …

PERINGATI HARI PAHLAWAN, WAKO PAGARALAM JADI INSPEKTUR UPACARA

  Laporan : Aceng GEMAS – PAGARALAM Pemerintah Kota Pagar Alam bersama Forkompimda  Selasa 10 …