Dukun Palsu Asal Muara Salin ini Diamankan Polsek Merapi

LAHAT, Ampera Sumsel — Akhirnya, Sambung Mursal, pada hari Selasa 31 Januari 2017 sekira pukul 07.00 WIB di Desa Purnamasari SP 2 Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat. Telah dilakukan penangkapan terhadap tersangka penipuan pengobatan alternatif atas nama Alam Sari (46) bin Yamin.

“Lelaki hampir paruh baya ini beralamat di Desa Taba Dendang Kecamatan Muara Saling Kabupaten Empat Lawang, ia lahir di Gumay Talang dan berprofesi sebagai petani,” terangnya.

Sementara untuk melancarkan aksinya menipu warga, tersangka Alam mengaku berasal dari suku anak dalam / suku kubu.yang mempunyai kemampuan mengobati orang sakit.

“Salah satu modus tersangka menggunakan kodok, Potongan kawat dan rambut. Ketiga barang tersebut dimasukkan kedalam mulut tersangka kemudian tersangka Alam berpura-pura menyedot badan korban dan mengeluarkan kodok yang disertai kawat dan rambut, hal itu dilakukan tersangka dengan alasan supaya korban percaya telah kena guna=guna atau santet.” ungkap Mursal. Rabu (1/2).

Tidak hanya itu, kata Mursal, agar kepercayaan pasiennya lebih mendalam Alam. juga menggunakan air perasan kunyit, jahe ,akar  sebagai obat. Setelah selesai mengobati, tersangka meminta mahar /mas kawin antara Rp. 150.000,- sampai Rp. 4.440.000.

“Hingga saat ini korban penipuan yang dilakukan oleh Alam, yakni, 1. Sutiwi bin Tawar. 2. Siska Indri Asruti bin Risdi Suharmono. 3. Suparno bin Tapjuni, 4.Gatot Eko Saputro bin Jumali, 5. Budi Yusuf bin Rahmad,” beber Mursal.

Selanjutnya, Mursal mengatakan, saat ini baik tersangka maupun barang bukti sudah diamankan. “sementara ini, tersangka dan barang bukti sudah di amankan di Polsek Kikim Barat, sedangkan tersangka masih kita mentai keterangan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut, siapa tau masih ada korban sebelumnya,” pungkasnya

(NAska : LHL)

(Terbit : Ampera)