Kajati Pantau Kinerja Kejari Pagaralam

* Wako Sambut Kedatangan Kajiti Sumsel

 

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Kunjungan kerja (Kunker) Kejakasaan Tinggi (Kejati) Provinsi Sumatera Selatan melihat langsung kinerja jajaran Kejari Pagaralam. Pada kesempatan tersebut,  Kajati Sumatera Selatan, Susdiyarto Agus Pratono SH MH melakukan tatap muka sekaligus memberikan arahan kepada jajaranya didaerah.

“Kunker ini untuk melihat kinerja jajaran (Kejari Pagaralam, red). Dalam hal ini pelaksanaan tugas dan fungsinya terkait kebijakan-kebijakan pusat (Kejagung, red) dan Kejati,” ungkap dia disela kunkernya di Pagaralam.

Pada kesempatan itu juga disinggung mengenai target penyelesaian kasus di Pagaralam Jawab Susdiyarto, bahta tak ada target khusus. Namun, sejauh ini untuk pelaksanaan tugasnya Kejari sudah cukup baik. Dimana sejumlah program sudah dijalankan seperti keterlibatan dalam tim saber pungli besama pemerintah daerah dan Polres. “Bahkan Kejari sudah ada tim pemberantasan pungli sendiri,” katanya.

Termasuk, instruksi Presiden dan Kejagung mengenai pengawalan dan pengawasan tehadap programpembangunan di daerah atau TP4D. “TP4D sudah dijalankan oleh kejari,” ujar Susdiyarto.

Sementara Kajari Kota Pagaralam, Ranu Indra SH didampingi Kasi Intel, Budi Lier Trapsilo mengatakan adapun kedatangan Kajati beserta rombongan merupakan rangkaian kunjungan kerja ke sejumlah Kantor Kejari yang ada di sejumlah kabupaten kota yang ada di Sumsel.  “Hari ini, (kemarin, red), pak Kajati kunker ke Kejari Pagaralam, dilanjutkan kunker ke Empat Lawang dan Lubuklinggau,” katanya.

Pada kesempatan kunker ini, jajaran Kejaksaan Negeri Kota Pagaralam mendengarkan arahan dari Kajati Sumsel terkait tugas program baik dari Kejati dan Kejagung, ungkap Ranu.

Pantauan, kunker yang dilakukan jajaran Kejati Sumsel, ikut serta para asisten sekaligus memberikan arahan kepada para kepala seksi Kejari Pagaralam meliputi bidang Intelijen, Pidana Khusus, Pidana Umum, Datun, dan Sub Bagian Pembinanaan. Juga temu kenal jajaran ibu-ibu Adhiyaksa Dharmakarini Kejari Pagaralam dengan Ketua Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Kejati Sumsel

Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati MKes menyambut langsung Kepala Kejati Provinsi Sumatera Selatan, Susdiyarto Agus Pratono SH MH dalam acara ramah tamah di rumah dinas walikota.

Dalam sambutannya, walikota meminta kepada Kejati untuk memyampaikan informasi mengenai hukum di lingkungan Kejaksaan. Agar SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam tidak terjerat hukum.

“Saya meminta kepada bapak untuk memberikan arahan mengenai informasi peraturan baru yang ada di lingkungan Kejaksaan. Sehingga SKP tidak terjadi kekeliruan dalam menghadapi hukum,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejati Provinsi Sumsel, Susdiyarto Agus Pratono SH MH mengatakan, bahwa jangan takut apabila terdapat keraguan dalam menjalankan suatu proyek yang mencurigakan agar dapat langsung melaporkannya ke Kejati. Sehingga Kejati dapat turun menyelidikinya. “Jangan takut untuk melaporkan sesuatu proyek yang mencurigakan. Kita akan langsung menyelidikinya,” jelasnya.

Selain itu, Kejati juga bisa sebagai pengawalan dalam mengawasi proyek proyek yang mencurigakan, dan juga kita juga bisa menjadi debtcollector atas nama pemerintah dalam mengurusi proyek yang terlibat masalah.

“Kita juga terbuka dalam konsultasi mengenai tindak hukum terkhusus mengenai proyek pembangunan. Sehingga pembangunan tetap berjalan demi kemajuan Kota Pagaralam,” pungkasnya. (Dian)