Home / SUMSEL RAYA / Lahat / Ribuan Guru SD/SMP/SMA Mulai ‘Gelisah’ Dana Triwulan IV Sertifikasi Belum Dibayarkan

Ribuan Guru SD/SMP/SMA Mulai ‘Gelisah’ Dana Triwulan IV Sertifikasi Belum Dibayarkan

LAHAT, Ampera Sumsel  – Ribuan tenaga pendidikan mulai tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat se Kabupaten Lahat mulai ‘gelisah’, pasalnya dana sertifikasi triwulan IV, mulai Oktober-Desember 2016 hingga detik ini tak kunjung cair.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Lahat, Repiandi MPd didampingi Ketua Serikat Guru Lahat (SGL), Khairudin MM membenarkan, bahwasanya pencairan dana sertifikasi guru triwulan IV mulai dari Oktober-Desember 2016 sama sekali tanpa kejelasan.

“Seharusnya sudah cair, akan tetapi hingga Februari ini belum ada kejelasan kapan waktu, dan diperkirakan pada maret dengan cara dibayar bertahap,” katanya, ditemui, Senin (6/2).

Ia menambahkan, oleh karena itu, Forum Guru Lahat terdiri dari, Ikatan Guru Indonesia (IGI), Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), dan Serikat Guru Lahat (SGL), sudah bertatap muka dengan Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Perwakilan guru mendatangi Kepala BKD guna meminta kejelasan, sesuai hasil pertemuan diperkirakan awal-awal Maret 2017, diupayakan cair dengan dibayar secara bertahap sesuai dengan keuangan daerah,” urai Repiandi.

Pun demikian, sambung Repiandi, mereka juga menyambangi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) guna berkonsultasi, jangan sampai muncul kemelut naik ke permukaan.

“Diketahui, dana tersebut merupakan hak guru, sudah terencana penggunaannya, dalam meningkatkan kompetensi guru,” pungkasnya.

Senada, Wakil Guru, Ahmad Hamidi SPd MM didampingi Sekretaris Umum IGI Sumsel, Drs Sapiral mengeluhkan, belum dibayarkan dana sertifikasi triwulan IV, dimana, banyak sekali keperluan sehari-hari.

“Dalam waktu dekat harus dibayarkan dan merupakan hak guru seutuhnya, bahkan didukung dengan menambahkan tanda tangan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lahat, H Haryanto SE MM MBA mengungkapkan, pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin, agar dana sertifikasi guru tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat dibayarkan.

“Kita bisa memaklumi keadaan sekarang ini, Insya Allah, dana tersebut secara bertahap akan dicairkan untuk tenaga pendidik yang ada di Lahat,” paparnya.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lahat, Herliansyah SH MH menuturkan, pihaknya akan menyampaikan permasalahan ini kepada jajaran eksekutif, agar sekiranya dapat ditindak lanjuti.

“Ini kebutuhan mendesak dan memang merupakan kebutuhan serta hak guru menerima dana sertifikasi, yang diperuntukan sehari-hari, supaya Pemda dapat memperhatikan secara seksama,” tukasnya.

( Prima)

Check Also

CAMAT KIKIM TIMUR SOSIALISASIKAN PENINGKATAN PERANAN PEREMPUAN

  Laporan : Bar GEMAS – LAHAT   Pemerintah Kecamatan Kikim Timur mengadakan Sosialisasi dengan …

KUNJUNGAN BUPATI LAHAT DI KIKIM BARAT DISERBU EMAK-EMAK.

Laporan : Ujang. GEMAS – LAHAT Ada yang menarik setelah pelaksanaan acara resmi Kunjungan Kerja …

BUPATI LAHAT MONITORING PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI KIKIM AREA

Laporan : Ujang GEMAS – LAHAT Setelah kemarin melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Perangai, …

ANGGOTA DPRD PROPINSI SUMSEL DAPIL VII SALURKAN BANTUAN KE KORBAN KEBAKARAN DI LAHAT

Laporan : Coy GEMAS – LAHAT Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan dari Dapil 7, H.Aswari …

TRUK HOLLING HANTAM RUMAH WARGA, SATU TEWAS SATU KRITIS

Laporan : Hendry GEMAS – LAHAT Satu unit truk Holing pengangkut batu bara menabrak rumah …