Ratusan Guru Turut Ramaikan HUT Gerindra Ke -9

LAHAT, Ampera Sumsel  – Kendati bukan hari libur nasional, namun sekolah di kota Lahat terutama sekolah dasar meliburkan siswanya karena para guru ikut meramaikan perayaan HUT Partai Gerindra ke 9 di pendopoan kediaman resmi Bupati Lahat, Rabu (9/02). 

Pantauan wartawan koran ini, beberapa sekolah tidak lagi melakukan aktivitas belajar mengajar sejak pukul 09.00 WIB pagi karena siswa dipulangkan lebih cepat seperti di SDN 35, SDN 16 dan SDN 28.

“Sekolah tidak libur tapi siswa pulang lebih cepat karena guru – guru PNS disuruh ke pendopoan ada pengarahan,” kata seorang guru honorer yang minta namanya dirahasiakan.

Sekolah Dasar di Kota Lahat memulangkan siswanya lebih cepat, begitupula siswa yang sekolah siang juga diliburkan. Salah satu orang tua murid, Satri mengaku, heran kenapa siswa diliburkan padahal bukan hari libur nasional, apalagi alasan guru untuk hadir di pendopoan rumah dinas bupati kegiatan acara partai.

Dia berharap kegiatan seperti ini  jangan sampai mengorbankan anak – anak sekolah yang sedang belajar sebab merugikan siswa pada hari ini, karena di sekolah telah terjadwal mengikuti mata pelajaran, sehingga menggangu  jadwal belajar mengajar di sekolah.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Nopran Marjani SPd juga Ketua Panitia HUT Gerindra ke 9 tersebut mengatakan, perayaan hari jadi Partai Gerindra tahun ini tidak dilaksanakan secara glamour sesuai instruksi ketua umum partai dan untuk perayaan HUT Partai Gerindra di Sumsel dipusatkan di Lahat.

“Tema perayaan hari jadi partainya kali ini adalah Gerindra peduli dengan dunia pendidikan mari membalas jasa guru,” katanya.

Dengan tema itu, sambung dia, pihaknya ingin memotivasi dunia pendidikan dengan studi tour bagi guru pemenang dan sudah dilakukan pengundian melalui kerjasama dengan media lokal, dan 4 guru yang akan diberangkatkan studi tour ke Singapura dan Malaysia.

“Kegiatan serupa akan berlangsung terus menerus dan bukan hanya satu kali saja,” urai Nopran.

Sedangkan Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Sumsel, Budiarto Marsul mengemukakan, Partai Gerindra sangat memperhatikan dunia pendidikan, dan selama ini.

banyak kader Gerindra yang telah berusaha memperjuangkan dunia pendidikan,  baik yang menjadi anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten kota. “Program ini sangat bagus dan penting sehingga harus ditularkan ke daerah lain,” ujarnya.

Senada, Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel, H Saifudin Aswari Rivai SE yang menjabat Bupati Lahat mengemukakan, selain membalas jasa guru para perayaan HUT Partai Gerindra ke 9, Dia juga menjanjikan akan memberangkatkan seluruh pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Lahat untuk berlibur ke Bali usai lebaran nanti.

“Kepada seluruh DPC Partai Gerindra di Sumsel untuk melakukan hal seperti ini kepada guru,” paparnya.

Menurut pantauan, puluhan hingga ratusan  guru hadir di pendopoan rumdin Bupati Lahat tempat berlangsungnya perayaan HUT Partai Gerindra, selain pengurus partai juga hadir anggota dewan dari Partai Gerindra baik anggota Dewan Sumsel maupun Lahat, serta sejumlah pengurus partai lain sebagai undangan.

(Naska : Milan)

(Editot :Prima)