Home / SUMSEL RAYA / Lahat / 13 Raperda Masuk Agenda Prolegda

13 Raperda Masuk Agenda Prolegda

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Sebanyak tigabelas usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Pagaralam yang diajukan Pemerintah Kota Pagaralam kepada DPRD Kota Pagaralam, mendapat rekomendasi pembahasan lebih lanjut oleh Panitia Kerja (Panja) I dan II masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kota Pagaralam pada 2017. Selasa (21/02)

Laporan pembahasan Panja I disampaikan Kadino dan Panja II disampaikan H Masagus Toyib. Umumnya merekomendasi sidang pembahasan lebih lanjut Raperda yang diusulkan.

“Kami merekomendasi pada pimpinan dan badan musyawarah, kiranya menjadwalkan sidang pembahasan Raperda yang diusulkan,” kata Masagus Toyib.

Ditambahkannya, tidak menutup kemungkinan Raperda yang akan dibahas mengalami penambahan, yakni mengenai Raperda pemisahan PDAM dari Dinas Pengairan PU yang dipandang penting demi untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat. “Sejauh ini kebutuhan air bersih belum terjangkau luas secara merata dibagi ke masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pagaralam, Ruslan Abdul Gani, didampingi Wakil Ketua I, Deddy Standza mengatakan, pihaknya akan melakukan pembahasan Raperda yang disusulkan pihak Pemerintah Kota Pagaralam secara selektif, dengan mengacu pada berbagai peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.

“Dalam pembahasan, tentunya tidak hanya melibatkan SKPD terkait, juga melibatkan seluruh elemen masyarakat lainnya. Diharapkan Raperda yang diusulkan dapat disahkan menjadi Perda, yang nantinya dijadikan sebagai landasan hukum yang tepat,” katanya.

Raperda yang akan dibahas masuk dalam Prolegda tahun ini di antaranya, Raperda perubahan tentang Reklame, Raperda perubahan tentang pembangunan infrastruktur jalan Lingkar Timur, Raperda perubahan tentang barang milik negara, Raperda tentang pencegahan dan peningkatan pemukiman kumuh.

Terpisah, Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes mengatakan sejumlah Raperda yang diajukan untuk mensinergikan program pembangunan daerah dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pagaralam. Adanya peraturan daerah bisa menjadi acuan serta pedoman kegiatan.

(Dian)

Check Also

KEGIATAN FISIK TMMD KE 109 DI EMPAT LAWANG SUDAH CAPAI 100%

Laporan : Prim   GEMAS – LAHAT Kegiatanfisik TMMD regular ke 109, Kodim 0405 Lahat …

PEMDA LAHAT KEMBALI MENERIMA PENGHARGAAN PLAKAT WTP

  Laporan : Man GEMAS – LAHAT Bertempatdi ruang kerjanya, Bupati Lahat Cik Ujang SH …

BUPATI LAHAT TINJAU PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI KIKIM AREA

Laporan : Ujang GEMAS – LAHAT   Kunjungan Kerja Bupati Lahat Beserta Rombongan dalam rangka …

KETUA TP-PKK KABUPATEN PERINGATI HARI LANSIA KE-24 DI MULAK ULU

Laporan : Jack GEMAS – LAHAT  Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ( HLUN …

PEMDES MUARA DANAU KIM-TIM SALURKAN BANTUAN PADA KORBAN KEBAKARAN DI LAHAT

  Laporan : Bar GEMAS – LAHAT   Wujud kepedulian sosial dan saling memperdulikan kepada …