Pagaralam Pilot Projek Peluncuran KIA 46.962 Anak Sasaran Kartu Identitas Anak

PAGARALAM, Ampera Sumsel – Kota Pagaralam dijadikan salahsatu dari 50 Kabupaten/Kota di Indonesia sebagai pilot projek peluncuran Kartu Identitas Anak (KIA). “Pagaralam merupakan salahsatu dari 50 Kabupaten/Kota di Indonesia untuk penerbitan Kartu Identitas Anak. Hal ini sudah kita koordinasikan dengan Pemkot Pagaralam,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam, Drs Bhakti N MSi, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Surono kemarin.

Lantas apa alasan kuat Kota Pagaralam masuk salahsatu kota dari ratusan Kabupaten/Kota se-Indonesia pada pilot projek KIA ? Jawab Surono, karena membaiknya pembuatan akta kelahiran sebagai indikatornya.

“Terdata, jumlah pembuatan akta di Kota Pagaralam sudah mencapai sekitar 85 persen, dilihat dari jumlah penduduk usia 0 hingga 18 tahun,” ungkapnya.

Rinciannya, jumlah penduduk usia 0 hingga 18 tahun mencapai 46.962  jiwa. Dari jumlah ini persentase kepemilikan akta kelahiran sekitar 85 persen atau sebanyak 39.84 anak, sisanya sekitar 7.113 belum memiliki akta kelahiran.

“Jumlah data ini berdasarkan rekap jumlah penduduk per Januari 2017,” urainya.

Sementara untuk sasaran kepemilikan KIA, kepada anak-anak mulai dari 0 – 18 tahun. Tahap awalnya, untuk pelaksanaan peluncuran kartu identitas anak di Kota Pagaralam akan dilakukan sekitar Maret mendatang.

(Dian)