Antisipasi Kejahatan C3, Polres Lubuklinggau Terjunkan Timsus Patroli Sepeda

LUBUKLINGGAU, Ampera Sumsel – Guna mengantisipasi dan menekan tindak kejahatan C3, pencurian berat (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan motor (Curanmor) di wilayah Kota Lubuklinggau, jajaran Polisi Resort (Polres) daerah itu menerjunkan tim khusus (timsus) patroli sepeda. 

Demikian disampaikan Kapolres Kota Lubuklinggau, AKBP Hajat Mabrur Bujangga, melalui Kasat Sabhara, AKP Edwartu, Sabtu (25/02/2017) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, pihaknya mengintensifkan pola patroli di sejumlah titik yang rawan kriminalitas dengan menerjunkan tim patroli mobil dan motor juga timsus patoli dengan menggunakan sepeda.

“Tim khusus sepeda terdiri dari enam orang anggota Sat Shabara, masing-masing menggunakan sepeda untuk patroli di sekitaran Pasar Inpres, Terminal Kalimantan, Pasar Muara (atas), Stasiun Kereta Api, Masjid Agung Assalam, dan Jalan Yos Sudarso,” terang Edwartu.

Dijelaskannya, timsus sepeda ditugaskan untuk menyisir beberapa lokasi yang jaraknya mudah dijangkau dan melakukan patroli mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 Wib.

“Fokusnya meminimalisir aksi kriminalitas, seperti curas, curat, dan curanmor. Kami juga menyebar anggota Sabhara dengan pola patroli malam dan siang. Di mana satu kelompok patroli dibagi menjadi tiga bagian, dengan kekuatan enam personel setiap kelompok yang dilengkapi senjata laras panjang menggunakan mobil dan motor,” jelasnya.

Dirinya berharap, seluruh elemen masyarakat yang ada di Bumi Sebiduk Semare tersebut dapat bersatu-padu dengan pihak kepolisian guna mengantisipasi tindak kejahatan di lingkungannya masing-masing.

“Poskamling yang ada harus terus diaktifkan, kami juga selalu minta kepada anggota Sabhara untuk bersilahturahmi dengan masyarakat yang jaga malam di Poskamling. Keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat tercipta, jika saling peduli terhadap lingkungan sekitar,” katanya. (Jhuan)