Wagub DIY dan Bupati Lahat Kunjungi Warga Jawa Transmigrasi KTM

* Wagub DIY Berikan Bibit Kepada Warga Transmigrasi

IMG-20170302-WA0038

 

LAHAT, Ampera Sumsel¬†— Bupati Lahat, H. Aaswari Rivai SE Bersama WakiL Gubernur (Wagub) Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY). Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Sri Paduka Paku Alam X, bersama Walikota Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY), Drs.Sulistiyo SH, CN, Msi kunjungan kerja (Kunker) Ke Kabupaten Lahat sekaligus meninjau lokasi Transmigran Kota Terpadu Mandiri (KTM) yang berada di Desa UPT Keban Agung, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Kamis (02/03)

IMG-20170302-WA0039

Kedatangan Bupati Lahat Dan Wakil Gubernur DIY, Walikota DIY Beserta rombongan pejabat dari DIY disambut hangat oleh warga transmigram Kota Terpadu Mandiri dengan tarian khas kabupaten lahat. Sebelum melaksakan acara Wakil Gubernur DIY, Bupati Lahat, Walikota DIY Beserta rombongan pejabat dari DIY berikan bantuan bibit Buah Buahan dan Sayuran untuk masyarakat Transmigran.

IMG-20170302-WA0034

Dalam Sambutan Bupati Lahat, H. Aswari Rivai SE, mengucapakan selamat datang kepada Wakil Gubernur (Wagub) dan Walikota beserta rombongan dari Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta di Bumi Seganti Setungguan ini, saya selaku bupati lahat sekaligus mewakili dari pemerintah kabupaten lahat merupakan wujud bersama untuk mensukseskan dan meningkatkan kelancaran peyelenggaraan program transmigrasi di Provinsi DIY dengan Kabupaten Lahat.

IMG-20170302-WA0036

” Kota Terpadu mandiri dikawasan transmigrasi adalah kawasan transmigrasi yang pembengunan dan pengembangan dirancqng manjadi pusat pertubuhan yang mempunyain fungsi Perkotaan. KTM kikim ditetapkan oleh menteri tenaga kerja dan Transmigrasi RI pada tanggal 30 novenber 2010 dengan surat nomor : B.273/MEN/P2MKT/PTMK//2010 Kota Terpadu Mandiri Kikim dikawasam transmigrasi keban agung dan tertuang dalam peraturan daerah kabupaten lahat pada tanggal 7 Januarai 2014, ” Ujarnya

Lanjut Bupati Lahat, Telah banayak keberhasialan yang di capai dalam pembangunan transmigrasi selama ini, terkait beberapa kawasan yang telah berkembang di di lahat menjadi pusat pertumbuhan baru seperti terbentuknya sejumlah ibu kota kabupaten dan kecamatan.

” Pembangunan KTM Kikim dimuqli sejak tanhun 2011 sampai 2016 masih bersifat fisik antara lain, pembangunan gapura KTM, Pembangunan Tugu KTM, Pembangunan Jalan Boulevard, Pembangunan jalan lokal sekunder, pembangunan jalan perhubungan ke kabupaten empat lawang. Penempatan Transmigrasi di kabupaten lahat di mulai pada tahun 1980/1981 di Tiga pulu tiga desa dengan jumlah 9.709 KK dan 41. 108 Jiwa satu desa Transmigrasi tersebut yang sekarang sudah menjadi kelurhan Sari bungamas, dan warga transmigrasi baru di UPT Keban Agung, Kecamayan Kikim Selatan ini sudah ditempatkan banyak 175 KK, ¬†dengan perolehan lahan seluas satu HA, setiap kepala keluarga, dan juga seluas 0, 25 Ha lahan perkarangan dan lahan usaha seluas 0, 75 dari seluruh jumlah rencana daya tampung 418 jiwa, ” ucap Aswari

Hal ini sambutan Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Sri Paduka Paku Alam X ia mengucapakan rasa terima kasih kepada bupati lahat dan jajarannya, Kapolres dan Dandim 0405 dan Camat dan Warga para sesepuh di keban agnung, yang kami bangakan transmigrasi desa keban agung.

” Kami mewakili oleh gubernur DIY untuk melihat warga Yogyakarta yang ada dilahat sekaligus melihat perkembangan Transmigrasi di kabupaten lahat disini, bahwa lahat ini kabupaten tertua di sumsel ini apa lagi penduduknya banyak orang jawa. Kami dari DIY akan memberikan bantuan untuk warha transmigrasi yakni Bibit Cabe, Tomat, padi, semoga bibit2 ini sangan bermanfaat bagi warga disini, bibit tersebut kita bawa dari Yogyakarta untuk warga transmigrasi, ” ujarnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Sri Paduka Paku Alam X

(Prima)