Kontruksi Pembangunan Jembatan Fly Opera PT.PP Ambruk

MUARA ENIM, Ampera Sumsel  – Warga Desa Padang Bindu Kec.Benakat Kab.Muara Enim menuding protes akan pembangunan proyek jembatan servo dari perusahaan PT.PP, dikarenakan menyebabkan lahan perkebunan karet petani rawan terendam banjir karena tidak ada gorong gorong yang dibuat oleh perusahaan pada pinggir jalan, serta menyebabkan banjir rumah warga yang lokasi rumahnya dekat dengan pembangunan proyek jembatan tersebut.

Selain itu juga warga desa meragukan akan kekuatan jembatan tersebut, karena melihat ada tanda tanda keretakan pada dinding tembok penahan yang di tampal dengan semen, serta melihat plat aramko jembatan yang telah bingkang serta penyok turun kebawah, takutnya ambruk ke bawah dan memakan korban jiwa pada warga yang melintasi jalan kabupaten.

Jalan kabupaten pun menjadi terganggu bagi warga yang hendak pergi ke kebun apabila memakai kendaraan roda dua, baik pengguna jalan yang menggunakan kendaraan roda empat, karena jalan tersebut berlumpur penuh dengan tanah yang becek disebabkan musim curah hujan yang turun, akibat perusahaan tersebut di dalam pembangunan

Warga Desa padang bindu nopiansyah mengatakan, kami tidak menghalangi apapun kegiatan dari pihak perusahaan tetapi kami meminta pihak perusahaan yang mengerjakan proyek ini harus mengerjakan dengan sebaik baiknya menurut standar yang bagus.

“Jangan mengerjakan sembarangan dalam pengerjaan sehingga nanti memakan korban jiwa bagi warga yang sedang melintasi jalan kabupaten ini. Dan perusahaan berjanji akan mengecor jalan kabupaten ini serta membuat gorong gorong di pinggir jalan ini agar apabila hujan tidak akan menyebabkan banjir untuk perkebunan dan rumah warga.”ungkapnya.

Sedangkan dari pihak perusahaan PT.SRIWIJAYA Agung mengatakan tentang tudingan warga masalah banjir perkebunan dan rumah warga bahwa memang desa padang berbakat ini sering banjir tiap tahun bukan akibat pembangunan jembatan fly oper ini karena desa ini dikellilingi oleh sungai.

PT.PP Rayan menambahkan bahwa kami mengerjakan proyek ini mengutamakan keselamatan kerja dan tentunya tidak akan sembarangan dalam melakukan kontruksi pembangunan jadi warga tidak usah kuatir.

Selang waktu sekitar 30 menit selesai mewawancarai pihak PT.PP, kemudian Warga Desa padang bindu kecamatan benakat rusnawi memberikan informasi kepada pihak perusahaan dan media ini bahwa jembatan Fly oper ambruk kebawah sehingga listrik warga desa sempat padam ,dan aktivitas jalan kabupaten menjadi lumpuh akibat tertutup timbunan jembatan fly oper.

(Andre Joda)